FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGO

FACTORS AFFECTING THE QUALITY OF FINANCIAL REPORTS FACULTY OF MEDICINE DIPONEGO UNIVERSITY

Authors

  • Djuwartini

DOI:

https://doi.org/10.56444/jitpm.v2i1.375

Keywords:

Kualitas Laporan Keuangan, Manajemen Aset, Komitmen Kepemimpinan, Kompetensi SDM, Sistem Informasi

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah terjadinya penurunan kualitas laporan keuangan yang diterbitkan oleh lembaga sektor publik. Fakultas Kedokteran sebagai salah satu institusi sektor publik yang berperan dalam menghasilkan tenaga kesehatan perlu memiliki laporan keuangan yang berkualitas agar pemantauan operasional institusi tersebut dapat terlaksana dengan baik. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai staf Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Variabel yang diteliti adalah komitmen kepemimpinan, kompetensi SDM dan sistem informasi sebagai variabel independen, kemudian kualitas laporan keuangan sebagai variabel dependen dan manajemen aset sebagai variabel mediasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa kepemimpinan, kompetensi SDM, dan sistem informasi berpengaruh signifikan terhadap manajemen aset. Selain itu, kepemimpinan, kompetensi SDM, sistem informasi dan manajemen aset terbukti berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Uji mediasi membuktikan bahwa manajemen aset dapat menjadi mediator pengaruh kepemimpinan, kompetensi SDM dan sistem informasi terhadap kualitas laporan keuangan.

References

nto, S. (2017). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 : Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gibson. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga.

Harahap, S. S. (2014). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Raja Grafindo.

Mardiasmo. (2014). Akuntansi Sektor Publik. Penerbit Andi.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Ghalia Indonesia.

Negash, S., Ryan, T., & Igbaria, M. (2003). Quality and effectiveness in Web-based customer support systems. 40, 757–768.

Nordiawan, D. (2010). Akuntasi Sektor Publik. Salemba Empat.

Siregar, D. D. (2016). Management Aset Strategi Penataan Konsep Pembangunan Berkelanjutan Secara Nasional Dalam Konteks Kepala Daerah Sebagai CEO’s pada Era Globalisasi dan Otonomi Daerah. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiama, G. (2013). Manajemen Aset Pariwisata. Guardaya Intimarta.

Yukl, G. (2010). Kepemimpinan dalam Organisasi. Indeks.

Downloads

Published

2023-01-16

How to Cite

Djuwartini. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGO: FACTORS AFFECTING THE QUALITY OF FINANCIAL REPORTS FACULTY OF MEDICINE DIPONEGO UNIVERSITY. Innovation, Theory &Amp; Practice Management Journal, 2(1), 31–48. https://doi.org/10.56444/jitpm.v2i1.375