PROBLEMATIKA DAN SOLUSI RENDAHNYA KEMAMPUAN SERTA MINAT MEMBACA SISWA KELAS 3 SDN 101765 BANDAR SETIA
DOI:
https://doi.org/10.56444/nalar.v3i1.1529Keywords:
Pendidikan, Kemampuan Membaca, Minat BacaAbstract
Penelitian ini membahas rendahnya kemampuan dan minat membaca siswa kelas tiga di SDN 101765 Bandar Setia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan Pendekatan Studi Kasus. Hasil wawancara dengan guru mengungkapkan bahwa beberapa siswa mengalami kesulitan membaca dan kurangnya pengenalan alfabet. Faktor-faktor seperti kebiasaan membaca yang buruk, kurangnya fasilitas membaca, lingkungan yang tidak mendukung, dan kurangnya keterlibatan orang tua berkontribusi pada rendahnya minat membaca. Solusi yang diusulkan meliputi kegiatan literasi, pelatihan keterampilan membaca dasar dengan menggunakan berbagai media, dan peningkatan fasilitas pendukung literasi di sekolah. Rekomendasi lainnya adalah meningkatkan ketersediaan buku menarik, memasukkan kegiatan literasi dalam pengajaran, dan menumbuhkan motivasi intrinsik untuk membaca di kalangan siswa. Implikasi dari penelitian ini meluas ke pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan untuk mempromosikan lingkungan ramah membaca bagi siswa.