SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • Emy Sohilait STKIP Gotong Royong Masohi
  • I Kharisudin Universitas Negeri Semarang
  • Masnia Universitas Media Nusantara Citra

DOI:

https://doi.org/10.56444/nalar.v2i1.424

Keywords:

Kemampuan berpikir kritis, Kurikulum pendidikan, Pembelajaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis literatur yang terkait dengan kemampuan berpikir kritis dalam kurikulum pembelajaran melalui tinjauan literatur yang sistematis. Artikel ini menganalisis literatur melalui database elektronik yang diperoleh dari Scopus. Perangkat lunak yang digunakan pada  tinjauan literatur sistematis adalah Microsoft Excel, VOSviewer, dan Harzing's Publish or Perish. Berdasarkan dari hasil pencarian artikel dengan menggunakan Harzing's Publish or Perish diperoleh 759 publikasi yang diterbitkan tahun 1944 hingga 2021 untuk analisis lebih lanjut. Hasil penelitian ini disajikan dengan menggunakan indikator bibliometrik umum seperti produktivitas penelitian dalam hal tahun publikasi, jenis dokumen, bidang subjek, analisis kata kunci, kepengarangan, dan analisis kutipan. Secara keseluruhan, jumlah peningkatan tulisan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran menunjukkan bahwa sangat penting dalam pembelajaran abad ke-21. Guru dapat menggunakan pendekatan dan strategi pembelajran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Sohilait, E., I Kharisudin, & Masnia. (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN. NALAR: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 19–27. https://doi.org/10.56444/nalar.v2i1.424