PENGARUH KUALITAS PRODUK SMARTPHONE IPHONE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT. DATA CITRA MANDIRI (IBOX) CABANG MENTENG CENTRAL
DOI:
https://doi.org/10.56444/cideajournal.v1i1.84Keywords:
Kualitas Produk, Loyalitas Konsumen.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan sejauh mana pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen di PT Data Citra Mandiri (iBox) Cabang Menteng Central. Kualitas produk sangatlah menentukan loyalitas konsumen demi menarik konsumen agar terus menggunakan produk dari smartphone iphone. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif pencarian data dengan menggunakan buku-buku referensi yang berhubungan dengan masalah yang sesuai dengan judul jurnal ini, dengan melakukan penelitian lapangan dengan menggunakan data melalui penyebaran kuisioner kepada customer pengguna smartphone iphone yang membeli di PT Data Citra Mandiri (iBox) Cabang Menteng Central. Populasi dari penelitian ini adalah customer di PT Data Citra Mandiri (iBox) Cabang menteng Central. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini berarti bahwa variabel kualitas produk smartphone iphone mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan dari uji koefisien determinasi menunjukan kualitas produk smartphone iphone memberikan kontribusi terhadap variabel loyalitas konsumen sebesar 75%.
References
Buku
Alia, Khabib. 2017. Seri Belajar bagi
UMKM: Pengetahuan Produk.
Surakarta: CV Pustaka
Bengawan.
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2012.
Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Daga, Rosnaini. 2017. Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Gowa: Global Research and Consulting Institute.
Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Griffin, Jill. 2005. Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan: Jakarta : Erlangga.
Handoko. 2002. Manajemen Pemasaran.
Jakarta: Badan penerbit IPWI. Hardani., dkk. 2020. Metode Penelitian
Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Hasan, Ali. 2008. Marketing. Jakarta: PT.
Buku Kita.
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo.
Metodologi Penelitian Bisnis: Untuk Akuntansi & Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
Irawan, Handi. 2008. Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Gramedia.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2008.
Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid
Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.
Martono, Nanang. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah. 2016. Metode Penelitian Kuatitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sangadji, E. M., dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen – Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Schiffman, Leon, & Kanuk, Leslie Lazar.
Consumer Behaviour 7 th
Edition. Jakarta: PT. Indeks. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryati, Lili. 2015. Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Sleman: Deepublish.
Tunggal, Amin Widjaja. 2008. Dasar – Dasar Customer Relationship Management (CRM). Jakarta: Harvindo.
Winarno, M.E. 2013. Metode Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: UM PRESS.