ANALISIS STRATEGI ONE STOP SHOPPING DALAM MEMENUHI KEPUASAN PELANGGAN SUMMARECON MALL BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.56444/cideajournal.v1i1.76Keywords:
Strategi, One Stop Shopping, Kepuasan Pelanggan, Summarecon Mall BekasiAbstract
Keberhasilan suatu usaha dapat dicapai diantaranya melalui pemenuhan kepuasan pelanggan. Dalam memenuhi kepuasan pelanggan, perusahaan harus memiliki strategi salah satunya adalah pemasaran. Pemasaran dalam suatu perusahaan selain bertindak dinamis harus selalu menerapkan prinsip-prinsip unggul dan perusahaan harus meninggalkan kebiasaan lama yang sudah tidak berlaku lagi dan terus berinovasi salah satunya One Stop Shopping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi One Stop Shopping untuk memenuhi kepuasan pelanggan Summarecon Mall Bekasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pemasaran One Stop Shopping yang memiliki indikator yang terdiri dari pelayanan, kelengkapan produk, dan fasilitas dapat memenuhi kepuasan konsumen yaitu pengunjung Summarecon Mall Bekasi. Hal ini terlihat dari strategi pemasaran One Stop Shopping yang diterapkan oleh Summarecon Mall Bekasi untuk menarik minat konsumen agar lebih memilih berbelanja di Summarecon Mall Bekasi dengan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, menyediakan tenaga penjual yang ramah dan baik, menciptakan tata letak yang rapi, harga yang terjangkau, menciptakan suasana yang aman. suasana dan nyaman, dan melakukan one stop service. Dengan adanya strategi pemasaran One Stop Shopping yang diberikan/dibuat oleh Summarecon Mall Bekasi dapat meningkatkan penjualan dan berdampak positif terhadap penjualan, serta konsumen merasa terbantu dan memberikan respon yang positif terhadap pelayanan yang diberikan oleh Summarecon Mall Bekasi.
References
Buku
Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana.
Gerson, Richard F. 2012. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Penerbit PPM.
Griffin, Ricky W dan Ronald J. Ebert. Bisnis (jilid 1) (edisi 10) : Erlangga.
Hunger, J. David dan Thomas L. Wheelen. 2013. Manajemen Strategis. Yogyakarta : Penerbit ANDI.
Juliandi, A. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu Bisnis. Medan : Percetakan M2000.
Kotler, Philip. 2012. Manajemen pemasaran: Analisis perencanaan Implementasi dan Kontrol Jilid I Dan Jilid II. Edisi ke 8 Jakarta : PT Prenhalindo.
Kotler, Philip dan A.B Susanto. 2011. Manajemen Pemasaran di Indonesia 2 (edisi 10) : Salemba Empat.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2014. Prinsip-Prinsip Pemasaran (jilid 1)(edisi 12). Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip.2013. Marketing Insights from A to Z. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Laksana, Fajar. 2011. Manajemen Pemasaran (Pendekatan Praktis). Sukabumi : Graha Ilmu.
Simamora, Bilson. 2012. Panduan Riset Perilaku Konsumen : PT Gramedia Pustaka Utama.
Supranto, J. 2066. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar : Penerbit Rineka Cipta.
Supranto, J dan Nanda Lima Krisna. 2017. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Jakarta : Mitra Wacana Media.
Tjiptono, F. 2014. Total Quality Management : Penerbit Andi.
Umar, Husein. 2014. Metode Riset Ilmu Administrasi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Umar, Husein. 2003. Metode Riset Bisnis. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Jurnal
Andi. Listyarso, 2015. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Dan Kinerja Perusahaan Dengan Lingkungan Persaingan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus
Perusahaan Jasa Konstruksi Kelas Kecilmenengah Di Kota Semarang). Universitas Diponegoro Semarang
Hardiyati, Ratih. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro
Mariyanto, Dian Puji. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Study Kasus PT Nav Karaoke Manyar Kertoarjo Surabaya). Fakultas Ekonomi Universitas Narotama.
Rahmat, Reny Maulida. 2012. Analisis Strategi Pemasaran Pada PT Koko Jaya Prima Makassar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.
Setiyawati, Antari SE. 2009. Study Kepuasan Pelanggan untuk Mencapai Loyalitas Pelanggan (Study Kasus Pada Konsumen Toko Bangunan Bangun Rejeki Semarang).