Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk UMKM Dekranasda Kota Depok
DOI:
https://doi.org/10.56444/cideajournal.v2i1.797Keywords:
Product Quality, Price, Purchasing Decision, MSMEAbstract
This study aims to determine the influence of product quality and price on purchasing decisions for MSME products in Dekranasda Depok City. The method used in this study is a quantitative approach with primary data collection through questionnaires. The sample in this study consisted of 50 consumers who shopped at Dekranasda Depok City and were selected using the side-by-side accidental method. Data analysis was performed using descriptive statistics, instrument data tests, multiple regression analysis, and hypothesis testing using IBM SPSS Statistics 25 software. The results showed that product quality partially impacts purchasing decisions, and prices partially impact MSME product purchasing decisions. When these two variables are observed simultaneously, both product quality and price have a significant influence on the purchase decision of MSME products Dekranasda Depok City
References
Afifuddin. (2017). Peran UMKM untuk Perangi Kemiskinan. Available at: Kompasiana.com website: https://www.kompasiana.com/riribrawbraw/5869e057137b61600673e02d/peran-umkm-untuk-perangi-kemiskinan, diakses tanggal 26 April 2023.
Alam, R. S., Hamid, R. S., & Sapar. (2022). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Digital, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 19(01), 56–68. https://doi.org/10.29313/performa.v19i01.9721
Arda, M., & Andriany, D. (2019). Analisis Faktor Stimuli Pemasaran dalam Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Generasi Z. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 434–440. https://doi.org/10.55916/FRIMA.V0I2.66
Astuti, R., & Febriaty, H. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pasar Modern: Studi Kasus Pada Indomaret Di Kecamatan Medan Denai Kota Medan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 35–42. https://doi.org/10.5281/zenodo.1039299
Bakti, U., Hairudin, & Alie, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung Oleh. Jurnal Ekonomi, 1(1), 101–118. https://doi.org/https://doi.org/10.37721/je.v22i1.633
Cahya, A. D., Rahmawati, A. W., & Ningsih, A. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bakpia Sonder 543. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(1), 13–26. https://doi.org/10.32493/JPKPK.V5I1.11055
Fahmi, M. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Tribun Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek, 1(1). Retrieved from https://sciencemakarioz.org/jurnal/index.php/maksitek/article/view/7
Farhan Muhammad, A., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Kualitas Produkdan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Wingman Denim Bandung. E-Proceding of Management, 7(1), 1401–1412. Retrieved from www.ayobandung.com
Fatimah, N., Kasnelly, S., & Hamid, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Liberika Dalam Perspektif Islam Pada Gerai Umkm Mekar Jaya. Al-Mizan : Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2), 67–83. Retrieved from https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/almizan/article/view/181
Felicia. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Halal Umkm Di 212 Mart Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 5(1), 78–87. https://doi.org/10.30596/MANEGGIO.V5I1.10586
Fidela, A., Pratama, A., & Nursyamsiah, T. (2020). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Program Pemasaran Desa Jambu Raya di Desa Jambu, Kabupaten Sumedang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 2(3), 493‒498. Retrieved from https://journal.ipb.ac.id/index.php/pim/article/view/31318
Firmansyah, M. A. (2019). Perilaku Konsumen. In Perilaku Konsumen Sikap dan Pemasaran (2nd ed.). Surabaya: Pendidikan Deepublish.
Harahab, D. F., Mryanti, Y., & Herawati, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Konsumen Umkm Mie Ayam Dan Bakso Barokah Ina Kabupaten Bungo). National Conference on Applied Business, Education, & Technology (NCABET), 1(1), 533–546. https://doi.org/10.46306/NCABET.V1I1.42
Hendri, R. P. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Distro Cosmic Bandung. Universitas Pasundan Bandung, 1(1).
Kotler, & Amstrong, G. (2016). Dasar-dasar Pemasaran (Jilid 1, E). Jakarta: Erlangga.
Kurniawan Gultom, D. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Handphone Blackberry Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Kohesi, 1(1). Retrieved from https://sciencemakarioz.org/jurnal/index.php/KOHESI/article/view/51
Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada CV. XP Computer, Boyolali). Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1(1), 83–88. https://doi.org/10.36596/ekobis.v8i1.262
Purnama, N. I., & Rialdy, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Alat-Alat Bangunan Pada PT. Rodes Chemindo Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 174–181. https://doi.org/10.30596/SNK.V1I1.3595
Ratna Purnama. (2017, January 16). UMKM Belimbing, Mulai dari Jus, Dodol hingga Cake. Available at: Sindonews.com website: https://ekbis.sindonews.com/berita/1171373/34/umkm-belimbing-mulai-dari-jus-dodol-hingga-cake, diakses tanggal 28 April 2023.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2015). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Sari, R. M., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA, 5(3), 1171–1184. Retrieved from http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1490064&val=12596&title=Analisis Komparatif Pengukuran Kinerja Entitas Syariah Dengan Balance Scorecard Dan Maslahah Scorecard
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan : (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D) (Cet. 6). Bandung: Alfabeta. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=281396
Yuniati, Y. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, 18(1), 27–37.
Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 123. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v4i2.76