PKM Pendampingan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi di SMP Islam Darurrohman Kabupaten Jepara Tahun 2023

Authors

  • Marya Ulfa Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Muslimah Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Sony Junaedi Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v3i3.2029

Keywords:

Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi

Abstract

Potensi masalah pada mitra terdapat pada fasilitas sekolah terutama perpustakaan di SMP ISLAM DARURROHMAN memiliki perpustakaan tetapi tidak terawat dan berdebu sehingga, mahasiswa diawal kegiatan melakukan revitalisasi serta merapikan buku-buku. Selain itu, ketersediaan buku-buku yang tidak memadai antara buku fiksi dan non fiksi mengarahkan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan donasi buku tetapi tidak berjalan lancar. Rendahnya minat dan motivasi literasi dan numerasi siswa yang rendah, dibuktikan dengan hasil Pre Test AKM yang rendah di numerasi disebabkan karena beberapa hal, sehingga meminta mahasiswa untuk mendekati siswa dan menanyakan sesuai dengan kebutuhan siswa seperti pelaksanaan private class agar siswa tidak malu dan semangat untuk belajar dan terbiasa beradaptasi dengan hadirnya kakak mahsiswa. Kekurangan tenaga pendidik guru, salah satunya di SMP ISLAM DARURROHMAN, membuat mahasiswa masuk ke kelas tanpa pengawasan dan pembimbingan. Dalam hal ini mahasiswa dipercaya langsung untuk melakukan pengajaran di sekolah. Sehingga sebagai DPL meminta siswa untuk berkoordinasi dengan guru pamong untuk membimbing mahasiswa dalam proses mengajar tersebut. Hal tersebut biasanya terjadi di hari Minggu karena sekolah penugasan 2 liburnya hari Jumat. Berdasarkan permasalahan yang dialami mitra, maka solusi yang telah ditawarkan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini meliputi: (1) Observasi lapangan untuk memperoleh data awal tentang permasalahan yang dihadapi oleh mitra, (2) Analisis kebutuhan mitra dan menawarkan solusi penyelesaian, (3) Membuat perancangan pelatihan dan pendampingan, (4) Membuat materi yang berkenaan dengan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi (5) Melakukan pelatihan pengenalan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi, (6), Melakukan workshop tentang Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi, (7) Melakukan pendampingan pada mitra dalam Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari kegiatan pengabdian ini maka dapat diperoleh simpulan bahwa Kegiatan kampus mengajar angkatan 6 ini merupakan program yang baik untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus dan belajar sambil berdampak serta program-program yang sudah disusun mahasiswa dapat diimplementasi dengan dukungan pihak sekolah penugasan. Pengalaman kampus mengajar 6 ini, dampaknya tidak hanya dirasakan oleh siswa sekolah penugasan tetapi juga pihak sekolah serta mahasiswa.

References

Admin Sevima. (2020, Oktober 14). Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip. Dipetik Agustus 18, 2021, dari Sevima: https://sevima.com/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/

BP PAUD DAN DIKMAS NTT. (2019, Desember 17). Gerakan Literasi Nasional, Gerakan Bersama Demi Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Dipetik Agustus 19, 2021, dari BP PAUD DAN DIKMAS NTT: https://bppauddikmasntt.kemdikbud.go.id/index.php/sistem-informasi/11-artikel/70-gerakan-literasi-nasional-gerakan-bersama-demi-mencerdaskan-kehidupan-bangsa

Darwanto, & Khasanah, M. (2021). Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Platform Edlink (Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran di Masa Pendemi Covid-19). Eksponen, 1-10. Diambil kembali dari https://jurnal.umko.ac.id/index.php/eksponen/article/view/366

Direktorat Sekolah Menengah Pertama. (2021). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Ri.

Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gerakan Literasi Nasional. (2019, Desember 3). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya tingkatkan Kualitas. Dipetik Agustus 2021, 2021, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia: https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas/

Gerakan Literasi Nasional. (2021, Februari 9). Kemendikbud Luncurkan Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021. Dipetik Agustus 19, 2021, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia: https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/kemendikbud-luncurkan-kampus-mengajar-angkatan-1-tahun-2021/

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan . (2018). Seri Pendidikan Orang Tua : Mendidik Anak di Era Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prasetyo, H. (2020, Juli). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMMS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111-117.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020, September -). Adaptasi Pembelajaran Berorientasi Literasi dan Numerasi. Dipetik Agustus 16, 2021, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/buku/file/Panduan/Arah%20Kebijakan%20Adaptasi%20Pembelajaran.pdf

Putri, K. (2018, December 6). Apa itu teknologi ? Sejarah dan Pengertian Teknologi. Dipetik Agustus 18, 2021, dari https://www.google.com/amp/s/teknologi.id/amp/insight/apa-itu-teknologi-sejarah-dan-pengertian-teknologi/

Qwords. (2021, Januari 2). Pengertian Era Digital dan Dampaknya Untuk Kehidupan. Dipetik Agustus 19, 2021, dari Qwords: https://qwords.com/blog/era-digital-adalah/

Sari, E. S., & Pujiono, S. (2017). Budaya Literasi di Kalangan Mahasisa FBS UNY. LITERA, 105-113.

Sidu. (2020, Oktober 22). Ini Dia Hasil Survei PISA Tentang Kualitas Pendidikan di Indonesia Dalam 3 Tahun Terakhir. Dipetik Agustus 2021, 2021, dari Ayo Menulis: https://ayomenulis.id/artikel/ini-dia-hasil-survei-pisa-tentang-kualitas-pendidikan-di-indonesia-dalam-3-tahun-terakhir

Suharwoto, D. G. (2021, April 11). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang mendeasakan. Dipetik Agustus 2021, 2021, dari Pusat Data Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Published

2024-09-10

How to Cite

PKM Pendampingan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi di SMP Islam Darurrohman Kabupaten Jepara Tahun 2023. (2024). Jurnal Suara Pengabdian 45, 3(3), 39-46. https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v3i3.2029

Similar Articles

1-10 of 21

You may also start an advanced similarity search for this article.