Menyelaraskan Pendidikan Akademis dan Moral Dalam Membangun Masyarakat Berkarakter Unggul
DOI:
https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v1i1.881Keywords:
Pendidikan akademis, pendidikan moral, masyarakat berkarakter unggulAbstract
Pendidikan yang holistik dan berintegritas merupakan faktor krusial dalam membentuk masyarakat yang berkarakter unggul. Pengabdian ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya menyelaraskan pendidikan akademis dan moral dalam membangun masyarakat yang beretika dan bertanggung jawab. Dalam konteks ini, pendidikan akademis menekankan pada perkembangan intelektual individu, sementara pendidikan moral fokus pada pembentukan nilai-nilai etika dan moral yang kuat. Pengabdian ini mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam menyelaraskan kedua aspek tersebut dan menawarkan solusi konkret untuk mengintegrasikan pendidikan akademis dan moral secara efektif.
References
Berkowitz, M. W. (2017). The science of character education. In Handbook of moral and character education. Routledge.
Berkowitz, M. W. (Ed. ). (2017). From character education to moral and civic education: The Singapore experience. Springer.
Brennan, T.-L. K. (2010). Spiritual Diversity in Modern Ontario Catholic Education: How Youth Imbue an Anti-Colonial Identity Through Faith. In ProQuest Dissertations and Theses. http://ezproxy.puc.cl/docview/869528120?accountid=16788%5Cnhttp://200.29.86.36/sfxpuc41??url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:dissertation&genre=dissertations+%26+theses&sid=ProQ:ProQuest+Education+Journals&atitle=&title=Spiritual+Diversity+
De Wit, D. J., Karioja, K., Rye, B. J., & Shain, M. (2018). Improving the effectiveness of interventions to promote young people’s adjustment and well-being. Child Development Perspectives, 12(4), 243-248.
Fransiskus Janu Hamu., E. S. P. (2022). Synergy Collaboration Management as A Catalyst for the Performance of Catholic Religious Education Teachers in Central Kalimatan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, Vol. 8: Se(3), 558–570. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index
Hamu, F. J. (2015). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik. SEPAKAT-Jurnal Pastoral Kateketik, 1(Guru Agama Katolik), 10–15.
Izzati, R. U., & Wijayanti, A. (2020). Pembelajaran transformatif berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 137-145. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 137-145.
Lickona, T., Schaps, E., & Lewis, C. (2012). Eleven principles of effective character education. Journal of Moral Education, 41(1), 6-34.
Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.
Nucci, L., & Narvaez, D. (Eds. . (2008). Handbook of Moral and Character Education. Routledge. Routledge.
Park, Y. J., & Park, J. (2018). The effects of transformative learning on self-efficacy and leadership development: A study of Korean university students. Journal of Transformative Education, 16(2), 97-116. Journal of Transformative Education, 16(2), 97-116.
Snyder, M. (2013). An Evaluative Study of the Academic Achievement of Home- schooled Students Versus Traditionally Schooled Students Attending a Catholic University. Catholic Education, 16(2), 288–308.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Suara Pengabdian 45
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.