Sistem Penghargaan (Rewards) Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Perusahaan Swasta

Authors

  • M.Trihudiyatmanto Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Sukardi Sukardi Universitas 17 Agustus 1945

DOI:

https://doi.org/10.56444/sa.v12i1.554

Keywords:

Sistem Penghargaan (Rewards), Financial Rewards, Inherent Rewards dan Non-Financial Rewards, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan menguji pengaruh dimensi Sistem Penghargaan (Rewards) yang terdiri dari Financial Rewards, Inherent Rewards dan Non-Financial Rewards terhadap kinerja karyawan. Penelitian  ini  merupakan  penelitian  dengan  studi  pada  perusahaan PT.  Shung  Shim  International Kabupaten Tegal. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 85 orang dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik  analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan analisis  regresi  linier  berganda  dan  data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner.

Hasil ini menunjukkan bahwa Financial Rewards, Inherent Rewards dan Non-Financial Rewards diterima, artinya Sistem Penghargaan (Rewards) berpengaruh pada kinerja karyawan. Dengan demikian, bahwa apabila sistem penghargaan diterapkan dengan baik, maka akan dapat meningkatkan kinerja karyawan dengan baik. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel bebas, atau menambah variabel tidak langsung (Intervening). Penelitian selanjutnya juga dapat memperluas area survey untuk menambah jumlah responden.

References

Adang, Yuni Saesary Putri. (2013). Pengaruh sistem pengukuran kinerja, total quality management, sistem penghargaan terhadap kinerja manajerial. Universitas Pembangunan

Nasional “Veteran” Jakarta.

Batubara, Lindya. (2017). Sistem Pengukuran Kinerja, Sistem Penghargaan dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Manajerial. Studi empiris pada PDAM Tirtanadi Di Sumatera Utara Cabang Medan Kota. Departeman Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sumatera Utara Medan.

Cahyati, R.A.D. (2013). Pengaruh Penerapan total quality management, sistem penghargaan, budaya organisasi terhadap kinerja manajerial. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas

Jember.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan

Penerbit Undip.

Hasanah, Hikmah. (2013). Pengaruh total quality management terhadap kinerja manajerial dengan sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan sebagai variabel

moderating. Studi empiris pada staff akuntansi perusahaan jasa wilayah Jakarta dan

Tanggerang. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hermawan, Aditya. (2014). Pengaruh total quality management, sistem penghargaan, sistem pengukuran kinerja terhadap kinerja manajerial. Studi empiris PT. Taspen (Persero).

Universitas Negeri Semarang.

Hickenlooper, S. B., Richard, E. K., & Blumenthal, S. G. (2022). Influence of Non-Financial

Rewards on Performance of Employees in JPMorgan Chase & Company in USA. Journal of Human Resource & Leadership, 6(3), 37 - 46. https://doi.org/10.53819/81018102t5097

Kumentas, Cynthia N. (2013). Pengaruh total quality management, sistem pengukuran kinerja, sistem penghargaan terhadap kinerja manajerial. Studi empiris PT. Pos Indonesia.

Kusuma, Eka Ayu. (2016). Pengaruh total quality management, sistem pengukuran kinerja, sistem penghargaan terhadap kinerja manajerial. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

Leotti, L. A., & Delgado, M. R. (2018). The Inherent Reward of Choice. Psychological Science,

(10), 1310–1318. https://doi.org/10.1177/0956797611417005

Makruf, Andik. (2017). Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja Dan Sistem Penghargaan (Reward) Terhadap Hubungan Total Quality Management (Tqm) Dengan Kinerja Karyawan. Study Kasus Pada PT. Nti Cabang Jember. Universitas Jember.

Mintje, Nastiti. (2013). Pengaruh total quality management, sistem penghargaan, sistem pengukuran kinerja terhadap kinerja manajerial. Studi empiris pada PT. Air Manado.

Universitas Sam Ratulangi Manado.

Mulyadi dan Johny Setyawan, (2001). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen, Edisi

Ke Dua. Yogyakarta: Aditya Media.

Narsa, I Made & Yuniawati (2003). Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management

Dengan Sistem Pengukuran Kinerja Dan Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja

Manjerial: Studi Empiris Pada Pt Telkom Divre V. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan.

Vol. 5 (1)

Nasution. (2005). Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prabu, Aldila Saga. (2016). Pengaruh Penghargaan Dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan.

Studi Pada Divisi Penjualan PT. United Motors Center Suzuki Ahmad Yani, Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Pujianto, Wahyu Eko. (2013). Pengaruh sistem pengukuran kinerja, reward terhadap kinerja

manajerial. Studi empiris pada MIC Transformer Surabaya. Universitas

Muhammadiyah Sidoarjo.

Purnama, Ade Vici. (2015). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan PT.

Kereta Api Indonesia Persero Daop 8 Surabaya. Universitas Wijaya Putra Surabaya. Saribanon, Euis dan Raden Roro R.K. (2015). Faktor-faktor penyebab bermasalah kinerja karyawan. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, Vol. 2 No 1

September 2015.

Sengkey, Gloria Grace. (2013). Pengaruh Penerapan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan terhadap Kinerja Karyawan. Studi empiris pada PT. Bank Sulut Cabang Amurang. Jurnal EMBA, Vol. 1 No. 4. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Setyani, Marsalita. (2015). Pengaruh sistem pengukuran kinerja, sistem penghargaan, dan penerapan total quality management terhadap kinerja manajerial. Studi pada pt

perkebunan nusantara xii (persero) wilayah ii – Jember. Universitas Jember.

Shibly, Mohamed & Weerasinghe, Tharindu. (2019). Impact of Financial Rewards on Work

Motivation of Operational Level Employees: Evidence from a Leading

Manufacturing Organization in Sri Lanka. Sri Lanka Journal of Advanced Social

Studies. 09. 01 - 17. 10.4038/sljass.v9i1.7144.

Sianipar, Ristauli D. (2013) Pengaruh sistem pengukuran kinerja, sistem penghargaan, dan penerapan total quality management terhadap kinerja manajerial. Studi pada Perusahaan BUMN Kota Padang. Universitas Negeri Padang.

Sri Wahyuni, (2022), Pengaruh Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja

Karyawan Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Makassar.

Skripsi, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas

Muhammadiyah Makassar.

Susanto, Barkah. (2016). Pengaruh TQM, sistem pengukuran kinerja, sistem penghargaan dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Studi empiris Perbankan di

Magelang.

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

M.Trihudiyatmanto, & Sukardi Sukardi. (2023). Sistem Penghargaan (Rewards) Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Perusahaan Swasta. Serat Acitya, 12(1), 45–54. https://doi.org/10.56444/sa.v12i1.554

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.