Transportasi Becak dalam Persepsi Masyarakat (Studi Kasus di Daerah Perumnas Tlogosari Semarang)

Authors

  • Siti Aminah Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56444/sa.v10i1.542

Keywords:

Transportasi, Dokar, Becak, Jarak tempuh, waktu, ongkos, penumpang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan,mengacu pada uraian di atas,   adalah “untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh dan  hubungan angkutan penumpang dokar  dan  becak  dalam pengoperasiannya?  dan mengetahui perbandingan antara angkutan penumpang dokar dengan angkutan penumpang becak dalam pengoperasian di Kota Semarang” Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 50 penarik Dokar dan becak. Teknik analisis yang digunakan regresi linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Waktu Tempuh berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jarak Tempuh Dokar, sebagaimana Waktu Tempuh berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jarak Tempuh Becak. Bahwa Ongkos Penumpang berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Jarak Tempuh Dokar, hal ini berarti berbeda dengan Ongkos Penumpang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jarak Tempuh Becak. Bahwa Kecepatan Dokar Meter/jam berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Jarak Tempuh Dokar,  hal  ini  berarti berbeda Kecepatan Becak Meter/jam berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jarak Tempuh Becak. Jumlah Penumpang berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Jarak Tempuh Dokar Jarak Tempuh Dokar, hal ini berarti tidak berbeda Jumlah Penumpang berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Jarak Tempuh Becak.

References

Alexandri, Mohammad Benny, Novel, Nurillah, 2019, Pengelolaan Angkutan Kota Di

Indonesia, Responsive, Volume 2 Nomor 4 Desember: 182-189

Hartatik, Sri. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan. Harga Dan Promosi Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Go-Jek Di Kota Semarang). Udinus Repository, pp.1-10.

Kamaluddin, Rustian. 2003. Ekonomi Transportasi. Jakarta: Ghalia Indonesia. Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. Miro, Fidel. 2012. Pengantar Sistem Transportasi. Jakarta: Erlangga.

Nasution, M Nur. 2008. Manajemen Transportasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Setiani, Baiq, 2018. Prinsip-Prinsip Pokok Pengelolaan Jasa Transportasi Udara. Jurnal

Ilmiah Widya, Vol.3 No.2 Hal.103-109.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius, Chandra. 2016. Service, Quality & Satisfaction, Yogyakarta. Andi.

Utomo, Humam Santosa. 2010. Manajeitien Transportasi. Malang: Pascasarjana

Universitas Brawijaya.

Zulian Yamit. 2010. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Penerbit

Ekonesia.

Downloads

Published

2021-04-22

How to Cite

Siti Aminah. (2021). Transportasi Becak dalam Persepsi Masyarakat (Studi Kasus di Daerah Perumnas Tlogosari Semarang). Serat Acitya, 10(1), 94–103. https://doi.org/10.56444/sa.v10i1.542