Transportasi Becak dalam Persepsi Masyarakat (Studi Kasus di Daerah Perumnas Tlogosari Semarang)
DOI:
https://doi.org/10.56444/sa.v10i1.542Keywords:
Transportasi, Dokar, Becak, Jarak tempuh, waktu, ongkos, penumpang.Abstract
Penelitian ini bertujuan,mengacu pada uraian di atas, adalah “untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh dan hubungan angkutan penumpang dokar dan becak dalam pengoperasiannya? dan mengetahui perbandingan antara angkutan penumpang dokar dengan angkutan penumpang becak dalam pengoperasian di Kota Semarang” Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 50 penarik Dokar dan becak. Teknik analisis yang digunakan regresi linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Waktu Tempuh berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jarak Tempuh Dokar, sebagaimana Waktu Tempuh berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jarak Tempuh Becak. Bahwa Ongkos Penumpang berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Jarak Tempuh Dokar, hal ini berarti berbeda dengan Ongkos Penumpang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jarak Tempuh Becak. Bahwa Kecepatan Dokar Meter/jam berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Jarak Tempuh Dokar, hal ini berarti berbeda Kecepatan Becak Meter/jam berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jarak Tempuh Becak. Jumlah Penumpang berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Jarak Tempuh Dokar Jarak Tempuh Dokar, hal ini berarti tidak berbeda Jumlah Penumpang berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Jarak Tempuh Becak.
References
Alexandri, Mohammad Benny, Novel, Nurillah, 2019, Pengelolaan Angkutan Kota Di
Indonesia, Responsive, Volume 2 Nomor 4 Desember: 182-189
Hartatik, Sri. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan. Harga Dan Promosi Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Go-Jek Di Kota Semarang). Udinus Repository, pp.1-10.
Kamaluddin, Rustian. 2003. Ekonomi Transportasi. Jakarta: Ghalia Indonesia. Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. Miro, Fidel. 2012. Pengantar Sistem Transportasi. Jakarta: Erlangga.
Nasution, M Nur. 2008. Manajemen Transportasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Setiani, Baiq, 2018. Prinsip-Prinsip Pokok Pengelolaan Jasa Transportasi Udara. Jurnal
Ilmiah Widya, Vol.3 No.2 Hal.103-109.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius, Chandra. 2016. Service, Quality & Satisfaction, Yogyakarta. Andi.
Utomo, Humam Santosa. 2010. Manajeitien Transportasi. Malang: Pascasarjana
Universitas Brawijaya.
Zulian Yamit. 2010. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Penerbit
Ekonesia.