Peran Insentif, Adversity Quotient, Dan Feedback terhadap Kinerja Pengemudi Gojek Di Kota Semarang

Authors

  • Dhea Rengganing Tyas FEB UNTAG Semarang
  • Sukardi Sukardi

DOI:

https://doi.org/10.56444/sa.v13i1.1825

Keywords:

Incentives, Adversity Quotient, Feedback, Driver Performance

Abstract

Teknologi telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia, bahkan pada usaha dibidang jasa transportasi juga sudah memanfaatkan teknologi yaitu dengan transportasi online seperti Gojek dalam pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insentif, adversity quotient dan feedback terhadap kinerja pengemudi gojek di kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pengemudi gojek di kota Semarang dengan sampel penelitian menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling sebanyak 96 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan program IBM SPSS statistic versi 25. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Insentif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pengemudi gojek di kota Semarang, Adversity Quotient berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pengemudi gojek di kota Semarang, dan Feedback berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pengemudi gojek di kota Semarang.

Technology has become an inseparable part of human life, even businesses in the transportation services sector have also utilized technology, namely online transportation such as Gojek in their services. This research aims to determine the effect of incentives, adversity quotient and feedback on the performance of Gojek drivers in the city of Semarang. The population in this study were all Gojek drivers in the city of Semarang with a research sample using a non-probability sampling technique with a purposive sampling method of 96 people. The data analysis method used is multiple linear regression analysis which was processed using the IBM SPSS statistics program version 25. The results of this study state that incentives have a positive and significant effect on the performance of Gojek drivers in the city of Semarang, Adversity Quotient has a positive and significant effect on the performance of Gojek drivers in the city. Semarang, and Feedback has a positive and significant effect on the performance of Gojek drivers in the city of Semarang.

References

Armstrong, M., & Baron, A. (1998). Performance management : the new realities.

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Budiman, D. (2009). Bahan Ajar Pendagogik Olahraga. Bandung: FPOK UPI.

Candra, S. A., & Indiastuti, D. L. (2019). Pengaruh Perilaku Mencari Umpan Balik Terhadap Kinerja Dengan Variabel Moderasi Keadilan Prosedural Subrantas Adhy Candra 1 , Devani Laksmi Indiastuti 2 1. 21.

Carisinyal.com. (n.d.). 15 Aplikasi Ojek Online Terbaik dan Terpopuler di Indonesia. https://carisinyal.com/aplikasi-ojek-online/

Elis, A., & Sari, S. (2022). Implementasi Teknologi Informasi , Job Flexibility dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Driver Pada Mitra Gojek ( Go-Ride ) di Kota Bukittinggi. 4–9.

Farah, G. (2023). 9 Cara Melihat Rating Driver Gojek Terbaru 2023. https://www.infojek.com/cara-melihat-rating-driver-gojek/

Febriantora, M. A. H. A., & Fuadati, S. R. (2020). Pengaruh motivasi, insentif, dan kepuasan kerja terhadap kinerja driver ojek online. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen.

Fikri, H. T., Wahyuni, R., Syahrina, I. A., Ade, F. S., & Mariana, R. (2021). Adversity Quotient, Komitmen Organisasi Dan Kesiapan Untuk Berubah Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 17(2), 114. https://doi.org/10.24014/jp.v17i2.12556

Guci, M., Hendayani, R., Telkom, U., Online, T., & Transportation, O. (2021). Analisis Sistem Kerja Aplikasi Transportasi Online Dalam Peningkatan Kinerja Driver Gojek Di Kota Medan Analysis of Online Transportation Application Work Systems in. 8(5), 4377–4387.

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta : BPFE.

Kadarisman, M. (2016). Manajemen kompensasi. Rajawali Pers.

Kurniawan, A., & Fitriyani, F. (2021). Pengaruh Insentif Dan Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Keuangan Dan Akuntansi, 7(2), 1–18. https://doi.org/10.25134/jrka.v7i2.4858

Lailiyah, U. W., & Wahyuningsih, T. H. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja. 1, 190–201.

Li, X., Wang, Z., Liao, Z., Cao, R., Huang, R., & Chen, G. (2021). The effects of process-oriented feedback on students’ learning motivation, anxiety, and achievement in English writing. Studies in Educational Evaluation.

Lukita, A. F., & Hirawati, H. (2021). Pengaruh Pelatihan Dan Insentif Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Pengemudi Ojek Online Kota Magelang). 2(4), 1–9.

Magfiroh. (2019). Prospek bisnis transportasi online dalam masyarakat industrial: pendekatan islamic innovation disruptif. (Doctoral Dissertation, IAIN Palangka Raya).

Mahyadi, & Anshori, M. I. (2023). Umpan balik dan Evaluasi Terhadap kinerja Organisasi : A Literature Review. 3(2).

Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. In Bandung : PT. Remaja RosdaKarya.

Martinus, E., Wahab, A., & Ramli, R. (2022). The development of driver performance measurement methodology: A systematic literature review. IATSS Research.

Molloy, O., Molesworth, B., Williamson, A., & Senserrick, T. (2023). Improving young drivers’ speed compliance through a single dose of feedback. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 95(April), 228–238. https://doi.org/10.1016/j.trf.2023.04.006

Muttaqiyathun, A. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja driver go-jek di kota yogyakarta. 18–26.

Nasr, L., Burton, J., Gruber, T., & Kitshoff, J. (2014). Menjelajahi dampak umpan balik pelanggan terhadap kesejahteraan entitas layanan: Perspektif TSR. Jurnal Manajemen Pelayanan, Vol. 25 No, 531–555.

Nati, A., Timuneno, T., & Fanggidae, R. E. (2021). Pengaruh insentif terhadap kinerja pengemudi grab bike di kota kupang. 11, 266–284.

Nugroho, A. A. (2020). Analisis Pengaruh Biaya Operasional, Jam Kerja, Teknologi Dan Lokasi Mangkal Terhadap Pendapatan Driver Ojek Online Di Kota Bojonegoro. Jurnal Manajemen Ekonomi, 13(2).

Oktamade, D., Putra, R. S., & Azhari, I. P. (2023). Pengaruh insentif dan loyalitas terhadap kinerja driver gojek di kota pekanbaru. 12(1), 24–31.

Oktaviannur, M. (2020). Budaya Organisasi , Fleksibilitas Kerja , dan Feedback Terhadap Prestasi Kerja Transportasi GOJEK di Palembang. 4, 368–374.

Pratiwi, A., Haedar, H., & Dewi, S. R. (2023). Pengaruh Insentif Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jesya, 6(2), 1526–1545. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1155

Putra, P. B., Soemitro, R. A., & Wahjuwibowo, A. S. (2018). Pengaruh Gaya Mengemudi Terhadap Kinerja Pengendara Sepeda Motor. Jurnal Ergonomi Dan K3 (Journal of Ergonomics and K3), 2(1), 1–8.

Rahayu, E. I. H., Suhardoyo, & Iwan. (2019). Umpan Balik Sistem Pakar Sebagai Penilaian Kinerja Karyawan Pada PT. Multistrada Arah Sarana, Tbk. BMAJ: Business Management Analysis Journal, 2(1), 52–67. https://doi.org/10.24176/bmaj.v2i1.3211

Rivai, V. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan : Dari Teori ke Praktik.

Robbins, S. P. (2016). Management.

Runtu, D. Y. N., Aldrin, N., & Merdiaty, N. (2019). Research in Business & Social Science Effect of work ethics on job performance with adversity quotient as a mediator. 8(5), 98–103.

Sandra. (2021). The Effect Of Reward And Punishment To The Performance Of PT. Telesindo Shop Tanjungpinang Employees. Journal of Business and Management Review.

Septaviandri, N. (2020). Pengaruh Pelatihan, Insentif, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. United Indo Surabaya. JEM 17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 3(2), 27–50. https://doi.org/10.30996/jem17.v3i2.3457

Sintoso, D., & Heryenzus, H. (2021). Pemberian Insentif dan Tanggung Jawab terhadap Kinerja Karyawan pada PT Yongda Plastics Indonesia. Jurnal Mirai Management, 6(1), 1. https://doi.org/10.37531/mirai.v6i1.781

Sirait, J. T. (2006). Memahami aspek-aspek pengelolaan sumber daya manusia dalam organisasi. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Slobodskaya, H. R., & Akhmetova, O. A. (2021). A study of the adversity quotient and academic performance among university students. Higher Education in Russia and Beyond, 3(21), 6–6.

Stoltz, P. G. (2000). Mengubah hambatan menjadi peluang. In Jakarta Gramedia Widiasana Indonesia.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supriyanto, A. S., & Machmuzd, M. (2010). Metodologi riset manajemen sumber daya manusia. Malang : UIN-Maliki Press.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Jakarta : Rajawali Pers.

Widodo, U., Indriyatni, L., Yuliati, & Wahyuningsih, S. (2020). Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja, Reward Dan Adversity Quotient Terhadap Kinerja Driver Ojek Online (Studi pada Driver Ojek Online di Kota Semarang). Jurnal Ilmiah Ekonomi, 4, 487–506.

Winstone, N. E., Mathlin, G., & Nash, R. A. (2021). Building feedback literacy: Students’ perceptions of the Developing Engagement with Feedback Toolkit. Frontiers in Education, 6, 91.

Zamzami, F. N. A. (2020). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Driver Go-Jek pada Fitur Go-Food di Wilayah Kabupaten Madiun. IAIN Ponorogo.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Peran Insentif, Adversity Quotient, Dan Feedback terhadap Kinerja Pengemudi Gojek Di Kota Semarang. (2024). Serat Acitya, 13(1), 112-127. https://doi.org/10.56444/sa.v13i1.1825

Similar Articles

1-10 of 11

You may also start an advanced similarity search for this article.