Analisis Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli pada Produk Es Teh Cup Jumbo

Authors

  • Dyah Kusumawati Universitas Sultan Fatah Demak
  • Faiq Fuadi Universitas Sultan Fatah Demak
  • Saifudin Universitas Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.56444/sa.v13i1.1358

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis pilihan pembelian melalui minat beli, di mana faktor-faktor seperti kualitas produk, harga, dan promosi memengaruhi keputusan pembelian. Tipe penelitian yang digunakan explanatory researchyaitupenelitian yang bertujuan untuk melihat bagaimana satu variabel mempengaruhi variabel lainnya atau bagaimana keduanya berhubungan satu sama lain. Populasinya semua konsumen yang pernah membeli produk es teh jumbodengan 157 orang yang menjawab kuesioner sebagai sampel. Pemilihan sampel dengan cara purposive sampling dengan accidental sampling. Data primer adalah jenis data kuantitatif yang digunakan dan sebagai sumbernya dengan mengadakan survey kepada narasumber. Metode pengukuran yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisa data menggunakan Regresi Linier Berganda Sederhana kemudian dilakukan Analisis Jalur (path analysis) dan Uji Sobel. Hasilnya, 1) keinginan untuk membeli dipengaruhi olehkualitas produk, harga dan promosi secara positif dan signifkan. 2) keputusan untuk membeli produk dipengaruhi oleh kualitas produk, harga, promosi, dan minat beli secara positif dan signifikan. 3) dari tes sobel dan tes mediasi menunjukkankeputusan untuk membeli produk melalui minat beli dipengaruhi oleh kualitas produk, promosi dan harga. Konsumsi yang dipengaruhi oleh pengaruh tidak langsung yaitu kualitas produk, promosi dan harga terhadap keputusan pembelian adalah variabel intervensi parsial yang ditunjukkan oleh uji mediasi dan memberikan hasil yang signifikan selama seluruh tahapan regresi.

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Analisis Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli pada Produk Es Teh Cup Jumbo. (2024). Serat Acitya, 13(1), 22-37. https://doi.org/10.56444/sa.v13i1.1358