Peran Kompetensi Guru, Literasi Digital, Dan Ketersediaan Sarana Teknologi Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran (Study Pada Guru Sekolah Dasar Se Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang)
DOI:
https://doi.org/10.56444/sa.v12i1.552Keywords:
Kompetensi Guru, Literasi Digital, Sarana Teknologi, dan Kualitas PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kompetensi guru, literasi digital dan ketersediaan fasilitas teknologi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di Koordinator Bidang Pendidikan Kabupaten Kandeman. Populasi yang diambil adalah Guru SD di Koordinator Bidang Pendidikan Kabupaten Kandeman sebanyak 217 orang, dengan purposive sampling diperoleh sampel penelitian sebanyak 69 orang. Sumber data yang digunakan adalah data primer, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier menyatakan bahwa kompetensi guru, literasi digital, dan sarana teknologi berpengaruh positif terhadap peningkatan pembelajaran. Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,819 yang berarti 81,9% kualitas pembelajaran dapat dijelaskan oleh kompetensi pendidik, literasi digital dan sarana teknologi. Sedangkan sisanya 100% - 81,9% = 18,1% dijelaskan oleh alasan lain di luar variabel kompetensi pendidik, literasi digital dan sarana teknologi. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji statistik t menunjukkan (1) Kompetensi pendidik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran, (2) literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran, (3) sarana teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran. pengaruh positif dan signifikan kualitas pembelajaran di sekolah dasar bagi guru sekolah dasar di Koordinator Bidang Pendidikan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang.
References
Dwijayanti dan Sari (2021) Profesionalisme Kinerja Guru dan Kemampuan Literasi Digital Guru berpengaruh terhadap Kualitas Pembelajaran daring SMK Kota Jambi, Jurnal Ilmiah Dikdaya, Vol. 11 No. 2, September.
Hatta. (2016) Kompetensi untuk Membangun Profesionalisme Guru. Sidoarjo: Nizamia
Learning Center (2016).
Indah, dkk, (2020) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Sekecamatan Metro Barat, Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan Volume 1, No. 2, 2021, 50-58
Kosim (2016) Kompetensi Pedagogik Guru Dan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam, Jurnal Madaniyah, Volume 2 Edisi XI Agustus
Makawimbang, J. H.(2011) Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Marlina, dkk, (2022) Pengaruh Kompetensi Tenaga Pendidik Terhadap Kualitas Pendidikan
di Sumatera Barat, Ál-fâhim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 4 No.
March-September
Marlina 2021, Pengaruh Manajemen Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan di SMP
Negeri Boja, Jurnal IAIN Palopo
Mokhtar (2021) Pengaruh Literasi Digital Dalam Penggunaan Media Elearning Madrasah Terhadap Kualitas Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTS Negeri 1 Pasuruan, Jurnal Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mulyana dan Sudarjo (2020) Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Komputer Dan Implementasi Penggunanan Fasilitas Terhadap Kebijakan Pendidikan Dan Peningkatan Mutu Mengajar Guru Sekolah Mengah Kejuruan (SMK) Al-Falah Bandung, MANNERS, Vol .III, No. 1, Maret
Mulyasa (2009) Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan
Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya. Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2021, psl 1 tentang Pendidikan
Susilo (2019) Pegaruh Literasi Digital Dan Literasi Informasi Keislaman Terhadap Hasil Belajar Afektif Pendidikan Agama Islam Peserta Didik SMA N 1 Kendal, Jurnal Pascasarjana UIN Walisongo Semarang
Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan
Nasional (SISDIKNAS).