EFEKTIVITAS SISTEM PELAYANAN TERPADU KEPENDUDUKAN (SIPENDUDUK) KOTA PEKANBARU

Authors

  • Mutiara Nastasya Universitas Riau
  • Febri Yuliani Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.56444/jma.v8i1.514

Keywords:

Sipenduduk, Sistem Pelayanan Terpadu Kependudukan, Efektivitas

Abstract

Sipenduduk yaitu singkatan dari sistem pelayanan terpadu kependudukan yang merupakan salah satu program yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru dalam membantu masyarakat mendapatkan dokumen kependudukan. Program ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan, karena masyarakat tidak perlu datang ke kantor capil. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas Campbell (1989) dalam Mutiarin (2014) dengan 5 (lima) indikator : Keberhasilan Program, Keberhasilan Sasaran, Kepuasan terhadap program, Tingkat output dan input, Pencapaian tujuan menyeluruh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas sistem pelayanan terpadu kependudukan (sipenduduk) dan faktor penghambat Efektivitas Sistem Pelayanan Terpadu Kependudukan (Sipenduduk) Kota Pekanbaru. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang penulis dapat yaitu pelaksanaan program sistem pelayanan terpadu kependudukan (sipenduduk) masih memiliki beberapa faktor yang menjadi hambatan yang dialami oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru sehingga menyebabkan pelaksanaan program tersebut belum efektif.

 

 

References

Agus, D. (2015). Manajemen Pelayanan Publik; Peduli, Inklusif dan Kolaboratif. Yogyakarta: Gadjah Mada Univesity Press.

Fadhillah, P. (2012). New Public Governance. Malang: UB Press.

Mahmudi. (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Jakarta: STIE YKPN.

Mardalena, S. (2017). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: CV BUDI.

Moeloeng, B. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Mukarom, Z. (2015). Membangun Kinerja Pelayanan Publik Menuju Clean Goverment and Governance. Bandung: Pustaka setia.

Mutiarin. (2014). Manajemen Birokrasi dan Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

N, D. W. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University.

Rahman, M. (2017). Ilmu Administrasi. Makassar: CV SAH MEDIA.

Siagian, S. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sihombing, d. (2009). Memahami Kebijakan Administrasi Kependudukan. Jakarta Selatan: ILRC.

Suwando. (2001). Peserta Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Febriani, W. (2016). Efektivitas Penerapan Layanan Puskesmas Kota Makassar.

Hariningsih, I. (2021). Efektivitas Program Bantuan Sosial Tunai di Era Pandemi (Studi kasus di Kecamatan Genteng Surabaya).

Maylina, N. (2016). Efektivitas Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SIPPADU) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT).

Monoarfa, H. (2012). Efektivitas dan Efesiensi Penyelenggaraan Pelayanan Publik: Suatu Tinjauan Kinerja Lembaga Pemerintahan. Jurnal Pelangi.

N, D. W. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University.

Sukanto. (2015). Efektivitas Penyelenggaraan E-Goverment pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu.

Wingfi, J. (2019). Efektivitas Pelayanan Keliling Online Pada Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Mutiara Nastasya, & Febri Yuliani. (2023). EFEKTIVITAS SISTEM PELAYANAN TERPADU KEPENDUDUKAN (SIPENDUDUK) KOTA PEKANBARU. Jurnal Media Administrasi, 8(1), 74–79. https://doi.org/10.56444/jma.v8i1.514

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.