Analisis Pelayanan Publik Melalui Website PPID Pada Lembaga Administrasi Negara

Authors

  • Devina Angistya Maharani Universitas Negeri Jakarta
  • Osly Usman Universitas Negeri Jakarta
  • Rizki Firdausi Rachmadania Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56444/jma.v8i1.520

Keywords:

Kendala Pelayanan, Pelayanan PPID, Pelayanan Publik, Standar Pelayanan.

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Lembaga Administrasi Negara yang betujuan untuk mengetahui yang dilakukan pada pelayanan publik Lembaga Administrasi Negara, mengetahui penerapan standar pelayanan publik pada wesite PPID dan mengetahui kendala pelayanan website PPID  Metode penilitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus, Teknik pengumpulan daa yang digunakan studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian teknik kebasahan data dengan metode triangulasi teknik dan triangulasi sumber serta metode interaktif untuk teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapat dalam penelitian ini menemukan standar pelayanan pada webiste ppid belum sepenuhnya terpenuhi sebab sistem pelayanan belum dikembangkan oleh petugas, inovasi pelayanan belum di perbaru dan jangka permohonan informasi relatif lama. Kendala dalam proses pelayanan pada website PPID kurangnya petugas pelayanan, fitur website belum memenuhi kebutuhan pengguna dan kualitas website belum baik. Lembaga Administrasi Publik sebagai lembaga yang bertugas melayani publik seharusnya memperbaiki kekuranga tersebut agar dapat memberikan pelayanan terbaik. pelayanan publik yang baik akan mendapatkan citra baik di masyarakat.

References

Adelia, M., & Novianda. (2021). Analisis Sistem Informasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi. 02(02), 75–80.

Amin, A. R. S., & Adil, M. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Distrik Hingk Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat. Competitiveness Journal, 7(1), 65–77. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/competitiveness/article/view/4466

Azizah, A., Azizah, A. N., & Nugraheni, A. S. (2020). Analisis Teknik Menyimak Puisi Melalui Video Animasi Pada Siswa Kelas 2 SD Negeri Triharjo. Jurnal Holistika, 4(2), 114–120. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/8172

Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan ditinjau dari adversity quotient. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 199–210. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.29024

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Isra Ningtyas, C., Ashry, ;, Fajry, N., Dhian Deliani, ;, Masyarakat, B. H., Publik, I., Jenderal, S., Pertanian, K., Pendidikan, P., Perdagangan, P., Perdagangan, K., Usaha, B. T., & Negara, K. S. (2020). Dukungan Perpustakaan Khusus Instansi Pemerintah Menunjang Kinerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi. Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), 5(1), 225–232.

Putri, S. C., Erizon, N., Sari, D. Y., & Arafat, A. (2021). Tinjauan Minat Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Fisika Terapan Program Studi D3 Teknik Mesin Ft-Unp. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(3), 15–21. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i3.211

Riani, ketut N. (2021). STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK. 1(11), 6.

Rozikin, M., Harmini, F. P., & Wiradita, A. (2020). Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik di Perguruan Tinggi (Studi pada Universitas Negeri Malang). Metacommunication: Journal of Communication Studies, 5(2), 129. https://doi.org/10.20527/mc.v5i2.8213

Sari, R., Ratnasari, D. P., & Ayu, K. P. (2020). Kualitas Pelayanan Pt Pos Indonesia Cabang Barito Selatan. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 6(1), 16–28.

Soviana Putri, D., & Nurhadi. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Pada Era New Normal Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Enersia Publika, 5(1), 342–353.

Suryantoro, B., & Kusdyana, Y. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Politeknik Pelayaran Surabaya. Jurnal Baruna Horizon, 3(2), 223–229. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v3i2.42

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Devina Angistya Maharani, Osly Usman, & Rizki Firdausi Rachmadania. (2023). Analisis Pelayanan Publik Melalui Website PPID Pada Lembaga Administrasi Negara. Jurnal Media Administrasi, 8(1), 80–90. https://doi.org/10.56444/jma.v8i1.520