Efektivitas Pelayanan Pada Mal Pelayanan Publik Kota Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.56444/jma.v9i1.1547Keywords:
Efficiency, Public Service, GooD GovernanceAbstract
Public services organized by the state aim to fulfill the needs of citizens. Therefore, the government has an obligation to improve the quality of services provided. The South Tangerang City Government made innovations in organizing services through the construction of the Public Service Mall. This research aims to find out how the effectiveness of services at the South Tangerang City Public Service Mall. The research method used is descriptive qualitative. The results of this study indicate that the effectiveness of services at the South Tangerang City Public Service Mall based on the theory of Ridwan and Sudrajat (2009: 103) has been running quite effectively, but there are still some obstacles in the implementation of these services.
References
Artikel Jurnal
Dwimawanti, Ida Hayu. “Kualitas Pelayanan Publik (Salah Satu Parameter Keberhasilan Otonomi Daerah).” Dialog JIAKP 1.1 (2004): 109-116.
Hasiholan, Petra, Murtir Jeddawi, and Ika Sartika. "IMPLEMENTASI MAL PELAYANAN PUBLIK DI KOTA BEKASI PROVINSI JAWA BARAT." VISIONER: Jurnal Pemerintahan Daerah di Indonesia 12.2 (2020): 405-422.
Kartika, Dwi Febi, and Trenda Aktiva Oktariyanda. “Inovasi pelayanan publik melalui aplikasi poedak (pelayanan pendaftaran administrasi kependudukan online) di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten gresik.” Publika (2022): 245-260.
Maulana, Abdulah Rafi, dan Endro Widodo. "Inovasi Mal Pelayanan Publik Kota Probolinggo Dalam Meningktakan Efektifitas Pelayanan Publik." Prosiding Simposium Nasional ''Tantangan Penyelenggaraan Pemerintahan di Era Revolusi Industri 4.O" (2020): 548-568.
Mulianingsih, Sunasih. "INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN TATA PEMERINTAHAN DI KOTA CIMAHI." Jurnal Media Birokrasi (2021): 39-50.
Muliawaty, Lia, dan Shofwan Hendryawan. “Peranan e-government dalam pelayanan publik (studi kasus: Mal pelayanan publik Kabupaten Sumedang).” Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi 11.2 (2020): 45-57.
Buku
Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media.
Miles, Mattew B dan Amichael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Mulyadi, D., & Hendrikus T. Gedeona, M. N. A. (2016). Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. Alfabeta
Muslim, dan Larbiel Hadi. 2017. Pelayanan Publik : Konsep, Inovasi, dan Semangat Anti Korupsi. Pekanbaru. Kreasi Edukasi.
Pasolong, H. (2008). Teori Administrasi Publik (pertama). Alfabeta
Priansa, D. J. (2017). Manajemen Pelayanan Prima (pertama).
Ratminto, Atik S, W. 2006. Manajemen Pelayanan. Yokyakarta. Pustaka Pelajar.
Ridwan, Juniarso. dan Sudrajat, Achmad Sodik.2009. Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Pelayanan Public. Bandung: Nuansa
Sinambela L.P. 2006. Reformasi Pelayanan Public, Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Suwarno, Y. 2008. Inovasi di Sektor Publik. Jakarta. STIA-LAN Press