PERSPEKTIF GCG ATAS PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI TENTANG PRINSIP GCG DALAM FORUM KOMUNIKASI PELANGGAN PDAM TIRTA MOEDAL KOTA SEMARANG)

Authors

  • Farkhan Himie Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.59

Keywords:

GCG, Prinsip-prinsip GCG, Perlindungan Konsumen, Partisipasi masyarakat dan Forum Komunikasi Pelanggan.

Abstract

Penerapan Good Corporate Governance menjadi tantangan yang harus di realisasikan oleh semua entitas bisnis, baik swasta, BUMN, maupun BUMD. Implementasi prinsip-prinsip good corporate governance menjadi kunci dari ketahanan ekonomi negara. Sejarah telah membuktikan bahwa krisis moneter yang terjadi pada tahun 1997 merupakan bukti empiris dari buruknya good corporate governance di Indonesia khususnya dan Kawasan Asia pada umumnya. Implementasi good corporate governance secara konsisten, disamping akan memberikan kontribusi postitf terhadap pertumbuhan perusahaan, juga berkontribusi terhadap perekonomian negara dan kepastian perlindungan konsumen. Keberadaan konsumen menjadi salah satu pilar penerapan good corporate governance, karenanya harus mendapatkan perlindungan secara maksimal. Melalui UU No. 8 tahun 1999, negara hadir dalam upaya perlindungan konsumen. Selain itu, partisipasi perlindungan konsumen juga terbuka untuk elemen masyarakat. Dengan terbukanya kran partisipasi perlindungan konsumen, pelanggan air minum juga terdorong untuk membentuk organisasi. Forum Komunikasi Pelanggan hadir menjadi bagian upaya perlindungan konsumen (pelanggan) air minum yang memiliki tugas pokok perlindungan dan pemberdayaan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi tugas Forum Komunikasi Pelanggan dengan prinsip-prinsip good corporate governance. Dari hasil penelitian, disamping secara aktual terdapat relevansi antara tugas Forum Komunikasi Pelanggan dan prinsip-prinsip Good Corporate Governance, juga terdapat kontribusi positif terhadap perusahaan.

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Farkhan Himie. (2022). PERSPEKTIF GCG ATAS PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI TENTANG PRINSIP GCG DALAM FORUM KOMUNIKASI PELANGGAN PDAM TIRTA MOEDAL KOTA SEMARANG) . Jurnal Media Administrasi, 7(1), 8–19. https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.59