PERAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) SEBAGAI PEMEDIASI HUBUNGAN KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI DAN PENGEMBANGAN KARIR DENGAN KINERJA PEGAWAI (Studi Pada Pegawai UPTD Puskesmas Blora)

Authors

  • Arum Purwaningtyas

DOI:

https://doi.org/10.56444/jitpm.v2i2.979

Keywords:

Kepemimpinan Pelayan, Pengembangan Karir, Organizational Citizenship Behavior, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan pelayan dan pengembangan karir terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pegawai UPTD Puskesmas Blora. Untuk menguji pengaruh kepemimpinan pelayan, pengembangan karir dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap kinerja pegawai UPTD Puskesmas Blora. Untuk menguji Organizational Citizenship Behavior (OCB) memediasi pengaruh kepemimpinan pelayan dan pengembangan karir terhadap kinerja pegawai UPTD Puskesmas Blora. Populasinya adalah pegawai UPTD Puskesmas Blora yang berjumlah 101 orang. Pengambilan sampel dengan metode sensus sampling dengan mengambil seluruh populasi yang ada untuk dijadikan sampel sehingga menjadi sampel sebanyak 101 responden. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linier. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan yang melayani berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pegawai UPTD Puskesmas Blora. Pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pegawai UPTD Puskesmas Blora. Kepemimpinan pelayan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai UPTD Puskesmas Blora. Pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai UPTD Puskesmas Blora. Organizational Citizenship Behavior (OCB) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai UPTD Puskesmas Blora. Organizational Citizenship Behavior (OCB) memediasi pengaruh kepemimpinan pelayan terhadap kinerja pegawai UPTD Puskesmas Blora. Organizational Citizenship Behavior (OCB) tidak memediasi pengaruh pengembangan karir terhadap kinerja pegawai UPTD Puskesmas Blora.

References

Akhbari, M. N. T. and V. G. (2013). Perceived Organizational Justice, Job Satisfaction, and OCB: How Do They Relate To Each Other.

Anindita Dana Paramita, S. dan M. S. P., (2015), Analisis Pengaruh Servant Leadership dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Dinas PSDA dan ESDM Kota Semarang), Universitas Diponegoro, Semarang.

Aorora, (2009), Model Kepemimpinan Servant Leadership pada Institut Pertanian Bogor, Jurnal Pada Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Aprilliansyah, A., Siti, E., Cahyo, A. M., & Sulityo, W., (2018.), Analisis Kompensasi Dan Servant Leadership Pengaruhnya Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan, Studi pada Leader Nasional unit bisnis Multilevel marketing PT Melia Sehat Sejahtera Kota Surabaya Cabang Jawa Timur, Surabaya.

As’ad., (2007), Seri Ilmu Sumber Daya manusia, Psikologi Industri, Liberty.

Asnawi, S., (2019), Semangat Kerja Dan Gaya Kepemimpinan. Jurnal Psikologi, 86–92, Universitas Persada Indonesia, Jakarta.

Coulter, (2015), Management, Edisi Kesepuluh, Jilid 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Dessler Gary, (2010), Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Indeks, Jakarta.

Hasan, I, (2012), Pokok-pokok materi metode penelitian dan aplikasinya, Ghalia, Bogor.

Heider, Abid Raza, Amir Gulzar., and W. H., (2015), The impact of servant leadership on organizational citizenship behaviors with the mediating role of trust and moderating role of group cohesiveness, A Study of public Sector of Pakistan, International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Pakistan.

Imam Ghozali, (2016), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

J.H. Jackson & Mathis, R. L., (2006), Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia, Salemba Empat, Jakarta.

Liden, et. al. (2008). Servant Leadership: Development of a Multidimensional Measure and Multi Level Assesment, The Leadership Quartely, University of Illinois, Chicago.

Luthans, F. Bruce J. Avalio, F. O. W. and W. L., (2006), The Psycological Capital Of Chinese Workers Exploring The Relationship With Performance : Management and Organi zation Review. Blockwell Publishing Ltd. Oxford. UK.

Mangkunegara, A. P., (2005), Perilaku dan Budaya Organisasi. Refika Aditama, Bandung.

Mayfield. (2013). Promoting Organizational Citizenship Through Job Design. Journal of Business Disciplines,.

McCann, J. T., Graves, D., & Cox, L., (2014), Servant Leadership, Employee Satisfaction, and Organizational Performance in Rural Community Hospitals, International Journal of Business and Management, USA.

Meuser et al., (2013), Is Servant Leadership Always a Good Thing? The Moderating Influence of Servant Leadership Prototype. Paper presented at the annual meeting of the Academy of Management, San Antonio, Texas.

Moeheriono, (2012), Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Mondy, R. W., (2008), Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Muhajir, I., (2014), Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Cabang Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Semarang.

Muhammad Aji, (2015), Pengaruh Servant Leadership Terhadap Kinerja Dengan Burnout Sebagai Variabel Intervening Pada Karyawan PT. Intiroda Makmur Persada Tbk, Jurnal Manajemen Universitas Negeri Semarang, Tangerang.

Mulyadi, (2015), Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan: Konsep dan Aplikasi Administrasi Manajemen, dan Organisasi Modern, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Narimawati, U., (2007), Riset Manajemen Sumber Daya Manusia, Agung Media, Jakarta.

Ni Luh Putu Ariesta Angga Dewi & Utama, (2016), Kinerja Karyawan Melalui Mediasi Motivasi Kerja Pada Karya Mas Art Gallery, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali.

Ningsih, Fitriani Puspa., Rakhmat., dan T. B., (2016), Pengaruh Efektivitas Komunikasi Interpersonal Terhadap Promosi Jabatana pada Dinas Social Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Universitas Tadulako, Palu.

Northouse, (2013), Kepemimpinan: Teori dan Praktik. Edisi Keenam, PT Indeks, Jakarta.

Organ, D.W., Philip M, P., dkk., (1988), Organizational Citizenship Behavior: Its Nature, Antecendent, And Consequense, Sage Publications, Inc, California.

Peraturan Kepala Badan Kepagawaian Negara Nomor 1 Tahun 2013, (2013), Tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 Tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil, Jakarta.

Prawirosentono, (2009), Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia Sebagai Basis Meraih Keunggulan Kompetitif, Ekonesia, Yogyakarta.

Purba, D. E. dan A. N. L. S., (2014), Pengaruh Kepribadian dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior, Makara, Depok.

Ramli, M., (2017), Kepemimpinan Inovatif Dalam Implementasi Kebijakan Strategis Pemerintah Kota Makassar, UIN Alauddin Makassar, Makasar.

Rivai, V., (2005), Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan : Dari Teori ke Praktik, PT. Raja grafindo Persada, Jakarta.

Robbins, Stephen P. Judge, T. A., (2008), Perilaku Organisasi, Salemba Empat, Jakarta.

Robbins, dan J., (2006), Organizational Behavior, Prentice Hall International, Inc, New Jersey.

Russell, R. F., & Gregory Stone, A., (2013), A review of servant leadership attributes: developing a practical model. Leadership & Organization Development Journal, University Graduate School of Business, Virginia.

Sedarmayanti, (2015), Good Governance (Kepemerintahan Yang Baik) Dalam Rangka Otonomi Daerah : Upaya Membangun Organisasi Efektif dan Efisien Melalui Rekstrukturisasi dan Pemberdayaan. Cetakan kedua, Mandar Maju, Bandung.

Shaiful Annuar Khalid and Hasan Ali, (2015), Self and Superior Ratings of Organizational Citizenship Behaviour: Are There Differences In the Sources Ratings. The International Journal of Educational Management, Consulting Publishing Company, Malaysia.

Shaputra, A. R. dan S. H., (2015), Pengaruh Kompetensi, Komitmen dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Wilayah Pekanbaru, Universitas Riau, Pekanbaru.

Siagian P. Sondang, (2013), Teori Pengembangan Organisasi, Bumi Aksara Sinar Grafika Offset, Jakarta.

Simamora, (2006), Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ke-3, STIE YKPN, Yogyakarta.

Spears, L., (2010), Character and Servant Leadership: Ten Characteristics of Effective, Caring Leader. The Journal of Virtues Leadership, Virginia.

Spencer, Peter M., & S. M. S., (1993), Competence at Work “Models for Superior Performance, Jhon Wiley & Sons Inc, New York.

Sri Rahayu dan Hasan Abdul Rozak, (2014), Pengaruh Kepribadian Dan Pemberdayaan Terhadap Kinerja Melalui Organizational Citizenship Behavior Dengan Modal Sosial Sebagai Variabel Moderating, Universitas Stikubank Semarang, Semarang.

Sugiyono, (2010), Metode Penelitian Administrasi, CV. ALFABETA, Bandung.

Sulistyawan, P., (2017), Organizational Citizenship Behavior (OCB) sebagai Pemediasi pada Pengaruh Kompetensi dan Modal Psikologi (Psychological Capital) terhadap Kinerja, BPS Provinsi Jawa Tengah, Semarang.

Sumantri, S. dan F. J. P., (2011), Studi Tentang Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Kepuasan Kerja Dosen PTN dan PTS Provinsi Bengkulu, Universitas Bengkulu, Bengkulu.

Titisari, P., (2014), Peranan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dalam meningkatkan Kinerja Karyawan, Mitra Wacana Media, Jakarta.

Trompenaars, F., and Voerman, E., (2010), Harnessing the strength of the world’s most powerful management philosophy. Servant-Leadership across cultures, NY: McGraw-Hill, New York.

Utaminingsih, A., (2014), Perilaku Organisasi: Kajian Teoritik & Empirik terhadap Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Kepercayaan, dan Komitmen, UB Press, Malang.

Utomo, W., (2007), Administrasi Publik Baru di Indonesia, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Wahyudi, B., (2012), Manajemen Sumber Daya Manusia, Sulita, Bandung.

Wirawan, (2015), Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi, dan Penelitian, Salemba Empat, Jakarta.

Zaman, N., & Tjahjaningsih, E., (2017), Pengaruh Modal Psikologi dan Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja, Universitas Stikubank Semarang, Semarang.

Zulhijja, & Azzuhri, (2014), Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan SDM Terhadap OCB dan Kinerja Pegawai Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, Kediri.

Downloads

Published

2023-09-08

How to Cite

Arum Purwaningtyas. (2023). PERAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) SEBAGAI PEMEDIASI HUBUNGAN KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI DAN PENGEMBANGAN KARIR DENGAN KINERJA PEGAWAI (Studi Pada Pegawai UPTD Puskesmas Blora). Innovation, Theory & Practice Management Journal, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.56444/jitpm.v2i2.979

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.