ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UMKM DALAM MEMASUKI PASAR LUAR NEGERI
(STUDI KASUS UMKM THE BLOOM ANDALIMAN ARTISAN TEA)
DOI:
https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.360Keywords:
Strategi pemasaran, UMKM The Bloom Andaliman Artisan Tea, Pasar Luar NegeriAbstract
Pasar internasional menjadi tempat yang sesuai bagi pemilik usaha untuk menambah ekspansi wilayah sehingga meningkatkan pendapatan serta volume penjualan. Proses masuk pasar luar negeri tentu harus memiliki penelaah dan stratefgi yang tepat khususnya pada aspek pemasaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran bagi UMKM The Bloom Andaliman Artisan Tea dalam memasuki pasar global. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM The Bloom Andaliman Artisan Tea memanfaatkan peluang kebutuhan pasar global pada produk rempah tradisional dan UMKM The Bloom Andaliman Artisan Tea mampu membuka peluang kerja bagi masyarakat setempat dan pemerintah. Selain itu, tahapan strategi pemasaran yang dilakukan dengan menentukan sebuah keputusan manajemen ketika melakansakan kegiatan ekspor, menentukan jenis komditi pasar, menentukan segmen pasar, menentukan strategi operasional, melakukan analisis terlebih dahulu pada negara tujuan dan mampu menafisirkan proyeksi peta pemasaran di negara tujuan.
Downloads
References
Adriana, F. G. T. dan. (2018). Pemasaran Stratejik. Andi.
Asrol, A., & Heriyanto, H. (2019). Daya Saing Ekspor Pala Indonesia Di Pasar Internasional. Dinamika Pertanian, 33(2), 179–188. https://doi.org/https://doi.org/ 10.25299/dp.2017.vol33(2).3831
Charity, D. S. (2016). ANALISIS STRATEGI DALAM MEMASUKI PASAR INTERNASIONAL (Studi Kasus Pada PT Telekomunikasi Indonesia dalam Ekspansi di Myanmar). Administrasi Bisnis, 32(1).
Djiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Andi Offset.
Hikmah, N. (2021). Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Usaha Ayam Potong Putra Sawung Galih Di Kecamatan Karanganyar, Purbalingga. https://core.ac.uk/download/pdf/389386977.pdf
Madu, L. W. Y. dan L. (2018). UPAYA PENINGKATAN DIPLOMASI PUBLIK INDONESIA DI NEGARA-NEGARA ASEAN MELALUI BEASISWA SENI DAN BUDAYA INDONESIA (BSBI). Jurnal Studi Diplomasi Dan Keamanan, 10(2), 29–44. https://doi.org/https://doi.org/10.31315/jsdk.v10i2.2591
Nurhayati, E., Hartoyo, S., & Mulatsih, S. (2018). Pengembangan Pasar Ekspor Lada Indonesia. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 12(2), 267–288. https://doi.org/10.30908/bilp.v12i2.335
Parrangan, E. R., & Kumadji, Srikandi Yulianto, E. (2015). ANALISIS STRATEGI PERUSAHAAN DALAM EKSPANSI PASAR LUAR NEGERI (Studi Kasus Pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk dalam Akuisisi Thang Long Cement Company di Vietnam). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 26(2).
Rambe, D. N. S., & Aslami, N. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 213–223. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.853
Tjiptono, U. S. dan F. (2018). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. PT Penerbit IPB Press.