Analisis Penggunaan Instagram Sebagai Media Pemasaran Digital

(Studi Deskriptif Pada Akun @assyaffa.homedecor)

Authors

  • Dea Rizqy Universitas Tidar
  • Budi Rahardjo Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.515

Keywords:

Assyaffa Homedecor, Instagram, E-Marketing

Abstract

Sosial media sangat bermanfaat untuk bisnis dikarenakan dapat membantu pengusaha untuk mencari target pasar,  mengetahui  keinginan  pelanggan, memperluas jangkauan pasar, memperluas brand, dan mencari tahu informasi tentang kompetitor. Penelitian ini berfokus pada efektivitas media sosial Instagram sebagai media pemasaran digital yang dilihat dari seberapa jauh jangkauan akun Insatgram Assyaffa Homedecor sampai kepada pengguna Instagram lainnya sehingga dapat menarik para konsumen. Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Instagram efektif digunakan sebagai media pemasaran digital pada perusahaan Assyaffa Homedecor. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan sumber data yang berasal dari data primer yang menggunakan metode observasi dan data sekunder yang menggunakan metode wawancara. Data observasi diperoleh dari data insight Instagram Assyaffa Homedecor yang dimulai dari 1 November 2022 hingga 31 Desember 2022, sementara untuk data wawancara diperoleh dari seorang informan yaitu Sunu Marga Basuki sebagai pemilik Assyaffa Homedecor. Dengan analisis yang peneliti lakukan, Instagram merupakan saluran pemasaran yang sangat cocok digunakan. Dengan menggunakan Instagram, Assyaffa Homedecor dapat menjangkau banyak calon konsumen baru yang tersebar di berbagai daerah di Pulau Jawa.Instagram sangat efektif untuk dijadikan sebagai media pemasaran bagi perusahaan, khususnya untuk Assyaffa Homedecor.

References

Arizona, N. D. (2017). Aplikasi Pengolahan Data Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) Pada Kantor Desa Bakau Kecamatan Jawai Berbasis Web.

Armayani, R. R., Chintiya Tambunan, L., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8920–8928.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu (pada era media sosial). CV Pustaka Setia.

Sedjati, R. S. (2018). Manajemen Pemasaran. Deepublish.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). CV Alfabeta.

Susanti, N. (2018). Perancangan E-Marketing Umkm Kerajinan Tas. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 9(1), 717–722. https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.2042

Tjiptono. (2016). Service, Quality & Satisfactio. Andi Ofset.

Zuhri, M. A. M., Christiani, L., Studi, P., Perpustakaan, S.-I., Budaya, F. I., Diponegoro, U., Soedarto, J. P., & Tembalang, K. U. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI LIBRARY BASED COMMUNITY ( STUDI KASUS KOMUNITAS PERPUSTAKAAN JALANAN SOLO @ Koperjas ).

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Dea Rizqy, & Budi Rahardjo. (2023). Analisis Penggunaan Instagram Sebagai Media Pemasaran Digital : (Studi Deskriptif Pada Akun @assyaffa.homedecor). Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(1), 188–199. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.515