Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Ekonomi Nagari Ladang Panjang Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Perspektif Ekonomi Islam

Authors

  • Jevi Wariadi Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Gusril Basir Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.387

Keywords:

Strategi, Pemberdayaan, Masyarakat.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Ekonomi Nagari Ladang Panjang Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan metodologi menyelidiki suatu fenomena alam dan masalah manusia. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer digunakan sebagai data utama dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara kepada Sekretaris Nagari, Pengelola Tambang, Karyawan Tambang dan Mayarakat, untuk data sekunder digunakan senagai data pembantu dalam penelitian in melalui dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan pemberdayaan pada masyarakat belum sepenuhnya terjalankan dalam mengelola potensi yang ada untuk pembangunan ekonomi. Hambatan yang terjadi yaitu sulitnya merubah kebiasaan masyarakat dan terbatasnya anggaran.

References

Adi,Isbandi Rukminto. 2007. Intervensi Komunitas Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Akhmaddhian,Suwari. 2015. Partisipasi Masyarakat Dalam Mewujudkan Kuningan Sebagai Kabupaten Konservasi,Jurnal Unifikasi,Vol.2,(No 1).

Anggraini, Ari. 2015. Sumber Daya Amal Dan Sumber Daya Manusia Untuk Pembangunan Ekonomi Indonesia,Forum Ilmiah. No 1.

Gultom,Rifyal Zuhdi. 2020. Pembangunan Infrastruktur Dalam Islam:Tinjauan Ekonomi Dan Sosial, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam.

Harry, Hikmat. 2013. Strategi Pemberdayaan Masyarakt. Bandung: Humoniora Utama Press.

Hikmat, Harry. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung:Humaira Utama Press

Jamaludin. 2015. Sosiologi Pedesaan. Bandung:CV Pustaka Setia.

Kumayas,Neni. 2021. Kinerja Dinas Pemuda Dan Olahraga Dalam Pemberdayaan Generasi Muda.Jurnal Governance,Vol 1( No 2).

Maleong,Lexy j. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.

Marayasa,nyoman. 2018. Penyuluhan Manajemen Menggali Potensi Daerah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Perekonomian Masyarakat Kecamatan Leuwi Damar,Jurnal Pengabdian. Vol.1 (no 1).

Munawar. 2011. Pemberdayaan Masyarakat, Jurnal Ilmiah Civis,Vol 1,(No 2).

Nayaka, Widya Komang. Pengaruh Modal, Tenaga Kerja Dan Bahan Baku Terhadap Pendapatan Pengusaha Industry Sanggah Di Kecamatan Mengwi. E-Journal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana.

Putong, Iskandar. 2010. Economics Pengantar Mikro Dan Makro. Jakarta:Mitra Wacana Media.

Qutb, Sayyid. 2001. Tafsir Fi Zilalil Qur’an,terjemahan. As’ad Yasid dkk. Jakarta:Gema Insani Press. jilid 3

Saeful, Ahmad. 2020. Konsep Pemberdayaan Masyarakat Dalam Islam.Syar’ie. Vol 3.

Sany,ulfi putra. 2019. Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Al-Qur’an, Jurnal Dakwah, Vol 39, (No 1).

Sarinah,Iin. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Bidang Ekonomi Oleh Pemerintah Desa Pangandaran Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran,Jurnal Moderat,Vol 5,(Nomor 3).

Shebubakar,Arina Noviza. 2019. Hokum Tanah Adat/Ulayat,Vol.Iv (No. 1) Januari.

Sulistiya,Ambar Teguh. 2004. Kemitraan Dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: gava Media.

Sutrisno. 2005. Perencanaan Pembangunan Daerah Dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta:CV Citra Utama.

Usman, Suntoyo. 2012. Pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Yogyakarta: sspustaka pelajar

Wahidah. 2017. Perizinan Tambang Galian C Dalam Tinjauan Fiqh Al-Biah, Al-Muamalat Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, Vol III, (No. 01.).

Wrihatnolo, R Randy dan Riant Nugroho dwidjowijoto. 2007. Manajemen Pemberdayaan,Sebuah Pengantar Dan Panduan Untuk Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta:PT.Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Downloads

Published

2023-01-19

How to Cite

Jevi Wariadi, & Gusril Basir. (2023). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Ekonomi Nagari Ladang Panjang Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Perspektif Ekonomi Islam. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(1), 104–114. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.387