Strategi Pengembangan Perekonomian Masyarakat Pasca Gempa Di Kecamatan Tigo Nagari Kabuapaten Pasaman

Authors

  • Ayu Andira Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Andis Febrian Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.359

Keywords:

Strategi, Pengembangan ekonomi, Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pengembangan Perekonomian Masyarakat Pasca Gempa di Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan metodologi menyelidiki suatu fenomena alam dan masalah manusia. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer digunakan sebagai data utama dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara kepada masyarakat, Wali nagari, Camat, dan DPRD, untuk data sekunder digunakan senagai data pembantu dalam penelitian in melalui dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi perekonomian masyarakat sebelum dan pasca gempa sangat menurun diakibatkan habisnya sebagian lahan masyarakt oleh gempa disertai banjir. Strategi Pengembangan Perekonomian Masyarakat Pasca Gempa di Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman belum sepenuhnya dilakukan oleh pemerintah..  Adapun hambatan dalam pengembangan perekonomian yang dilakukan pemerintah yaitu rendahnya sumber daya manusia.

References

Badan Pusat Statistik Pasaman. 2022. Media Pemerhati Dan Peminat Statistika, Ekonomi Dan Sosial, Jurnal Ilmiah Parameter(Online),VOL. II, NO. IV, Februari.

Bliss, Christopher. 2000. Ilmu Ekonomi Dalam Kuper, Adam Dan Kuper, Jesica, Ensiklopedia Ilmu-Ilmu Sosial. Diterjemahkan Oleh Haris Munandar Dkk. Jakarta:Raja Grafindo Persaja.

Boland, A Lawrence. 2000. Ekonomi Neo Klasik, Dalam Kuper, Adam Dan Kuper, Jesica, Ensiklopedia Ilmu-Ilmu Sosial, Diterjemahkan Oleh Haris Munandar Dkk. Jakarta:Raja Grafindo Persaja.

Dewita, Yulna. 2013. Strategi dan Kebijakan Pemerintah dalam Menanggulangi Pengangguran. Jurnal Economica Vol. 1 No. 2.

Hamid. 2018. Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Petani.

Mulyadi, Mohammad. 2016. Peran Pemerintah dalam Mengatasi Pengangguran dan Kemiskinan dalam Masyarakat. Kajian vol. 21 No. 3.

Soares, Armando. 2015. Peran Pemerintah Daerah dalam Perencanaan Pembangunan Daerah. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol. 4 No. 2.

Soemarto. 1999. Hidrologi Teknik, Edisi 2. Jakarta:Erlangga.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2021. Pelatihan Strategi Daya Saing. Jurnal Al Tamaddun Batam Vol. 1 No. 1.

Tola, Damianus. 2016. Pembangunan Sektor Pertanian Sebagai Basis Pertumbuhan Ekonomi, Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 2.

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Ayu Andira, & Andis Febrian. (2023). Strategi Pengembangan Perekonomian Masyarakat Pasca Gempa Di Kecamatan Tigo Nagari Kabuapaten Pasaman. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(1), 01–09. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.359