Lingkungan Zero Waste Melalui Pengolahan Limbah Kelapa Sawit Menjadi Briket

Authors

  • Ayu Ni Komang Ayu Artiningsih Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56444/agrifoodtech.v1i2.199

Keywords:

lingkungan, janjang kosong, briket

Abstract

Lingkungan zero waste adalah lingkungan yang bebas dengan limbah disekitarnya, manakala kita membicarakan lingkungan nyaman, terbersit di benak kita adalah keadaan yang bersih tanpa banyak kotoran yang ada disekitarnya. Lingkungan saat ini banyak sekali kendala yang dihadapi, salah satunya adalah sampah yang menumpuk dan menjadi masalah berkepanjangan. Untuk menjadi lingkungan yang bersih maka kita harus ada keperdulian kita, salah satu cara dengan mengolah limbah menjadi bermanfaat. Tujuan penelitian ini adalah memanfaatkan janjang kosong dijadikan briket, sehingga lingkungan menjadi zero waste, mengetahui kualitas briket yang dibuat dari limbah janjang kosong.Metode eksperimental, yang dipakai dalam pembuatan briket adalah dengan cara penepungan kemudian mencampur dengan lem dan dilakukan pengovenan, selanjutnya untuk mengetahui kualitas briket yang dibuat dari limbah janjang kosong denagn cara uji analisis briket yang meliputi kadar air, kadar abu, lama nyala dan kekuatn tekan. Berdasarkan dari modifikasi metode penambahan janjang kosong yang berbeda beda. Proses awal sampel pertama  dari pembuatan briket adalah melakukan penimbangan bahan baku yaitu janjang kosong, dengan diameter prallon 2 inchi, dibutuhkan janjang kosong sebanyak 30, 40, 50, 60, 70 gr dan lem sebanyak 15 gr, dalam pencampurannya tidak menggunakan air. Setelah semua bahan sudah siap, kemudian dilakukan pengadukan secara rata, dan pengovenan pada suhu 60˚C, selama 6 Jam. Test uji yang dilaksanakan adalah kuat tekan 3.035 cm, lama nyala 2.8 menit, kadar air rata-rata 8.43 %, kadar abu rata-rata 24.2 %. Kesimpulan pada penelitian ini adalah test uji pada kadar abu terlalu tinggi sehingga perlu inovasi dalam pengeringan bahan baku.

References

Kiki Kristiandi, Rozana, Junardi, Andi Maryam”Analisis Kadar Air, Abu,Serat dan Lemak Pada Minuman Sirop Jeruk Siam (Citrus nobilis var.microcarpa)”Program Studi Agroindustri Pangan, Jurusan Agribisnis, Politeknik Negeri Sambas.

Hazra,Fahrizal; Sari, Novita .2011 “ Biomassa Tempurung Buah Nyamplung (Callophyllium Spp), Untuk Pembuatan Briket Arang Sebagai Bahan bakar Alternatif. Jurnal Sains Terapan

Obahiagbon, F.I, 2012 “A Review Aspects of the African Oil Palm (Elaeis guinneesis Jacq) PDF. Amrican Journal of Biochemistry ang Molecular Biology 1-14. Doi : 10.3923 / ajbmb. 2012.

Sastrosayono.S.2003. Budidaya Kelapa Sawit, Agromedia Pustaka.

Sarwo, E. 2008. “Aplikasi Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelapa sawit”, Universitas Mulawarman, Kalimantan Selatan.

Tambunan, Armansyah; Mandang, Tienneke; Hambali, Erliza; Agustina, Sri Endah; Salundik; Nugroho, Naresworo; Irzaman; Setyaningsih, Dwi (2008). "Agenda riset energi Institut Pertanian Bogor 2008-2012" (PDF). Research Agenda of IPB.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Ni Komang Ayu Artiningsih, A. (2022). Lingkungan Zero Waste Melalui Pengolahan Limbah Kelapa Sawit Menjadi Briket. Jurnal Agrifoodtech, 1(2), 10–16. https://doi.org/10.56444/agrifoodtech.v1i2.199