Penerapan Model Pembelajaran VAK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Suhu dan Kalor di SDN Ketangi

Authors

  • Ria Safitri Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i3.121

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah, , model pembelajaran VAK, pembelajaran IPA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi suhu dan kalor kelas V SD Negeri Ketangi melalui model pembelajaran VAK.  Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, hasil tes siswa untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah IPA siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran VAK dari siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 42% dengan persentase 35% yang berada pada kategori (sangat kurang), kemudian meningkat pada siklus II sebesar 85% dengan persentase 85% yang berada pada kategori (sangat baik). Demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran VAK pada siklus II telah berhasil dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA siswa melalui keberhasilan telah mencapai angka diatas 68%. Hasil tersebut memperlihatkan bahwa menggunakan model pembelajaran VAK dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA siswa kelas V SD Negeri Ketangi.

Downloads

Published

2022-09-26

How to Cite

Ria Safitri, & Nur Ngazizah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran VAK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Suhu dan Kalor di SDN Ketangi. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(3), 13–20. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i3.121

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.