Analisis Kemampuan Literasi Membaca Siswa Kelas IV di MI NW Lendang Batu Tahun Ajaran 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i3.1042Keywords:
literasi, membaca, siswa, guruAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat siswa untuk melaksanakan kegiatan litrasi membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi membaca siswa, upaya yang dilakukan dalam mengembangkan kemampuan literasi membaca siswa, serta faktor penghambat dalam mengembangkan kemampuan literasi membaca siswa kelas IV di MI NW Lendang Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi membaca siswa sudah baik dari 7 subjek yang diteliti 3 siswa pada level intervensi khusus cerita-2, 2 siswa pada level intervensi khusus cerita-1, dan 2 siswa pada level intervensi khusus- huruf. Upaya yang dilakukan guru bagi siswa yang kurang lancar dimana siswa dibimbing jika terdapat materi teks bacaan dan pada saat jam istirahat, namun terdapat beberapa faktor penghambat dimana kurangnya fasilitas sarana danprasarana penunjang kemampuan literasi membaca siswa yang disediakan oleh sekolah, serta faktor diluar lingkungan sekolah dimana siswa kurang mendapatkan perhatian dari orang tua, di rumah siswa lebih tertarik untuk bermain game sehingga kegiatan literasi membaca hanya dilakukan di sekolah.
Kata Kunci: Literasi, Membaca, Siswa, Guru
References
Ahmadi, F & Ibda, H. (2022). Media Literasi Sekolah (Teori dan Praktik). Semarang: CV Pilar Nusantara
Aswita, D., Saputra, S., Yoestara, M., & Et Al. (2022). Pendidikan Literasi Memenuhi Kecakapan Abad 21. Yogyakarta: Penerbit K- Media
Bangsawan, R & Irwan, P. (2023). Mengembangkan Minat Baca. PT Pustaka Adhikira Mediatama
Bastin, N. (2022). Keterampilan Literasi Membaca dan Menulis. Sidoarjo: Nahason Bating Publishing
Dalman. (2017). Keteranpilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers
Harahap, S, G, D., Nasution, F., Sumanti, E & Et Al. (2022) Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol 6, No 2, Hal. 2089-2098
Kanusta, M. (2021). Gerakan Literasi dan Minat Baca. CV Azka Pustaka
Mansyur, M. Isnawati & Hikmawati. (2022). Pembelajaran Literasi Sekolah Dasar. Lombok Tengah: P4I
Riyanti, A. (2021). Keterampilan Membaca. Yogyakarta: Penerbit K-Media
Rochajati, S. (2020). Strategi Peningkatan Minat Baca Untuk SD. Semarang: CV Pilar Nusantara
Syaefudin, U. Mustafa, B & Sajwandi, L. (2021). Model Pembelajaran Membaca Terpadu Berbasis Sastra Anak Untuk Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jawa Tengah: PT Nasya Expandi