Analisis Kemampuan Literasi Membaca Siswa Kelas IV di MI NW Lendang Batu Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

  • Dwi Aprilia Universitas hamzanwadi
  • Dina Fadilah Universitas Hamzanwadi
  • Zulfadli Hamdi Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i3.1042

Keywords:

literasi, membaca, siswa, guru

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat siswa untuk melaksanakan kegiatan litrasi membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi membaca siswa, upaya yang dilakukan dalam mengembangkan kemampuan literasi membaca siswa, serta faktor penghambat dalam mengembangkan kemampuan literasi membaca siswa kelas IV di MI NW Lendang Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan  kualitatif, dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi membaca siswa sudah baik dari 7 subjek yang diteliti 3 siswa pada level intervensi khusus cerita-2, 2 siswa pada level intervensi khusus cerita-1, dan 2 siswa pada level intervensi khusus- huruf. Upaya yang dilakukan guru bagi siswa yang kurang lancar dimana siswa dibimbing jika terdapat materi teks bacaan dan pada saat jam istirahat, namun terdapat beberapa faktor penghambat dimana kurangnya fasilitas sarana danprasarana penunjang kemampuan literasi membaca siswa yang disediakan oleh sekolah, serta faktor diluar lingkungan sekolah dimana siswa kurang mendapatkan perhatian dari orang tua, di rumah siswa lebih tertarik untuk bermain game sehingga kegiatan literasi membaca hanya dilakukan di sekolah.

Kata Kunci: Literasi, Membaca, Siswa, Guru

References

Ahmadi, F & Ibda, H. (2022). Media Literasi Sekolah (Teori dan Praktik). Semarang: CV Pilar Nusantara

Aswita, D., Saputra, S., Yoestara, M., & Et Al. (2022). Pendidikan Literasi Memenuhi Kecakapan Abad 21. Yogyakarta: Penerbit K- Media

Bangsawan, R & Irwan, P. (2023). Mengembangkan Minat Baca. PT Pustaka Adhikira Mediatama

Bastin, N. (2022). Keterampilan Literasi Membaca dan Menulis. Sidoarjo: Nahason Bating Publishing

Dalman. (2017). Keteranpilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers

Harahap, S, G, D., Nasution, F., Sumanti, E & Et Al. (2022) Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol 6, No 2, Hal. 2089-2098

Kanusta, M. (2021). Gerakan Literasi dan Minat Baca. CV Azka Pustaka

Mansyur, M. Isnawati & Hikmawati. (2022). Pembelajaran Literasi Sekolah Dasar. Lombok Tengah: P4I

Riyanti, A. (2021). Keterampilan Membaca. Yogyakarta: Penerbit K-Media

Rochajati, S. (2020). Strategi Peningkatan Minat Baca Untuk SD. Semarang: CV Pilar Nusantara

Syaefudin, U. Mustafa, B & Sajwandi, L. (2021). Model Pembelajaran Membaca Terpadu Berbasis Sastra Anak Untuk Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jawa Tengah: PT Nasya Expandi

Downloads

Published

2023-09-10

How to Cite

Dwi Aprilia, Dina Fadilah, & Zulfadli Hamdi. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Membaca Siswa Kelas IV di MI NW Lendang Batu Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(3), 96–105. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i3.1042

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.