Analisis Kemampuan Problem Solving Peserta Didik Melalui Penilaian IPA di SD Gugus Nyi Ageng Serang

Authors

  • Ulfaturrokhmah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Arum Ratnaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i3.122

Keywords:

IPA, Penilaian, Problem Solving

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V di SD Gugus Nyi Ageng Serang dan hasil perolehan PISA pada tahun 2019 menunjukkan bahwa kemampuan problem solving peserta didik masih rendah. Oleh sebab itu, perlu dibuatnya soal untuk menganalisis kemampuan problem solving peserta didik melalui penilaian IPA. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan problem solving peserta didik di SD gugus Nyi Ageng Serang baik itu perempuan maupun laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil analisis kemampuan problem solving peserta didik melalui penilaian IPA materi suhu dan kalor kelas V SD Gugus Nyi Ageng Serang memperoleh nilai rerata yaitu 81,89% dengan kategori tinggi. Hasil analisis perbedaan kemampuan problem solving peserta didik laki-laki dan perempuan di SDN Jatimalang dan SDN Maduretno yaitu terdapat perbedaan nyata antara peserta didik laki-laki dan perempuan karena nilai signifikan <5%. Sedangkan di SDN Jatinegoro, SDN Geparang, SDN Nampurejo tidak terdapat perbedaan nyata antara peserta didik laki-laki dengan perempuan karena nilai signifikan >5%.

Downloads

Published

2022-09-26

How to Cite

Ulfaturrokhmah, Nur Ngazizah, & Arum Ratnaningsih. (2022). Analisis Kemampuan Problem Solving Peserta Didik Melalui Penilaian IPA di SD Gugus Nyi Ageng Serang. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(3), 21–29. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i3.122

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.