Analisis Manajemen Pendidikan Kesetaraan Paket A: Sebuah Studi Kualitatif di PKBM Melati Cibeber, Kota Cilegon
Analysis of Equality Education Management Package A: A Qualitative Study at PKBM Melati Cibeber, City of Cilegon
DOI:
https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i2.725Keywords:
Pendidikan, Manajemen, PKBMAbstract
Pada sebuah lembaga pendidikan, manajemen pembelajaran sangatlah penting. Maka dari itu manajemen suatu program pendidikan harus dikelola dengan baik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan manajemen program pendidikan kesetaraan paket A di PKBM Melati Cibeber Kota Cilegon dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan. Penelitian ini dilakukan karena ditemukan beberapa masalah yang dapat mempengaruhi manajemen pendidikan diantaranya akteditasi yang belum diperbarui, kekurangan peserta didik hingga keterbatasan waktu warga belajar dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu penyelesaian masalah yang didapatkan dengan mendeskripsikan keadaan objek berdasarkan fakta dilapangan dan dituliskan dalam bentuk kata-kata. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu ketua PKBM Melati dan data sekunder yaitu kepustakaan dan kajian literatur. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan teknik Miles yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, kesimpulan dan verifikasi serta kesimpulan akhir. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen program Pendidikan kesetaraan paket A meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada masing-masing aspek manajemen tersebut dikatakan cukup baik dalam meningkatkan mutu manajemen Pendidikan dan manajemen pembelajaran.
References
Dodi Alamsyah, Lippi Fiqriya Pangestu, Prof.Dr.H. Yus Darusman. Manajemen Program Pendidikan Kesetaraan Paket C. J Sos Hum dan Pendidik. 2022;1(1):39–46. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i2.3624
Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. Qualitative data analysis. Jakarta: UI Press. 2005
Mukarromah S, Rosyidah A, Musthofiyah DN. Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Ar-Rosikhun J Manaj Pendidik Islam. 2021;1(1):54–62. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13889
Septiani M. Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Dalam Memfasilitasi Masyarakat Belajar Sepanjang Hayat. JIV-Jurnal Ilm Visi. 2015;10(2):67–76. https://doi.org/10.21009/JIV.1002.1
Sugiyani Y, Risdiyani M. Model Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Untuk Pkbm Melati Cibeber Di Kota Cilegon. Prosisko. 2017;4(1):1–6.
Wulan Elis Ratna., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia. 2014