Analisis Manajemen Pendidikan Kesetaraan Paket A: Sebuah Studi Kualitatif di PKBM Melati Cibeber, Kota Cilegon

Analysis of Equality Education Management Package A: A Qualitative Study at PKBM Melati Cibeber, City of Cilegon

Authors

  • Putri Alika Universitas sultan ageng tirtayasa
  • Ira Permata Sari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Iqbal Adnawi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i2.725

Keywords:

Pendidikan, Manajemen, PKBM

Abstract

Pada sebuah lembaga pendidikan, manajemen pembelajaran sangatlah penting. Maka dari itu manajemen suatu program pendidikan harus dikelola dengan baik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan manajemen program pendidikan kesetaraan paket A di PKBM Melati Cibeber Kota Cilegon dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan. Penelitian ini dilakukan karena ditemukan beberapa masalah yang dapat mempengaruhi manajemen pendidikan diantaranya akteditasi yang belum diperbarui, kekurangan peserta didik hingga keterbatasan waktu warga belajar dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu penyelesaian masalah yang didapatkan dengan mendeskripsikan keadaan objek berdasarkan fakta dilapangan dan dituliskan dalam bentuk kata-kata. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu ketua PKBM Melati dan data sekunder yaitu kepustakaan dan kajian literatur. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan teknik Miles yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, kesimpulan dan verifikasi serta kesimpulan akhir. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen program Pendidikan kesetaraan paket A meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada masing-masing aspek manajemen tersebut dikatakan cukup baik dalam meningkatkan mutu manajemen Pendidikan dan manajemen pembelajaran.

References

Dodi Alamsyah, Lippi Fiqriya Pangestu, Prof.Dr.H. Yus Darusman. Manajemen Program Pendidikan Kesetaraan Paket C. J Sos Hum dan Pendidik. 2022;1(1):39–46. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i2.3624

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. Qualitative data analysis. Jakarta: UI Press. 2005

Mukarromah S, Rosyidah A, Musthofiyah DN. Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Ar-Rosikhun J Manaj Pendidik Islam. 2021;1(1):54–62. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13889

Septiani M. Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Dalam Memfasilitasi Masyarakat Belajar Sepanjang Hayat. JIV-Jurnal Ilm Visi. 2015;10(2):67–76. https://doi.org/10.21009/JIV.1002.1

Sugiyani Y, Risdiyani M. Model Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Untuk Pkbm Melati Cibeber Di Kota Cilegon. Prosisko. 2017;4(1):1–6.

Wulan Elis Ratna., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia. 2014

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Alika, P., Permata Sari, I. ., & Adnawi, I. (2023). Analisis Manajemen Pendidikan Kesetaraan Paket A: Sebuah Studi Kualitatif di PKBM Melati Cibeber, Kota Cilegon: Analysis of Equality Education Management Package A: A Qualitative Study at PKBM Melati Cibeber, City of Cilegon. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 79–91. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i2.725

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.