Menanamkan Budaya K3 Sejak Dini : Program Edukasi Untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Indah Purnama Sari Universitas Tulang Bawang
  • Susanti Sundari Universitas Tulang Bawang
  • Putri Endah Suwarni Universitas Tulang Bawang

DOI:

https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v3i2.1626

Keywords:

Edukasi, K3, SD, Sosialisasi, Siswa

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan K3 dalam bentuk edukasi agar dapat membantu siswa mengidentifikasi bahaya di lingkungan sekolah, mengembangkan kebiasaan yang baik tentang keselamatan dan kesehatan, membantu anak-anak memahami pentingnya menjaga keselamatan dan kesehatan diri sendiri dan orang lain, membantu untuk meningkatkan kualitas hidup siswa dengan mengurangi risiko kecelakaan dan cedera, serta meningkatkan kesehatan, dan juga meningkatkan kesejahteraan. Metode pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian meliputi sosialisasi, diskusi dan tanya-jawab, dilanjutkan dengan pemasangan display. Dari hasil evaluasi melalui pre-test dan post-test terdapat peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa sebesar 92% setelah kegiatan, juga terdapat display tentang K3 di lokasi sekolah sebagai pengingat dan pemberi petunjuk. Kegiatan berlangsung lancar dan sesuai dengan target dan tujuan.

References

Anisah, H. U., & SE, M. (2022). MANAJEMEN DAN LINGKUNGAN EKSTERNAL ORGANISASI. Management Ideas: Teori dan Penerapannya, 55.

Arifin, S. (2019). Talking Safety & Health Bungan Rampai Artikel Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3). Deepublish.

Endriastuty, Y., & Adawia, P. R. (2018). Analisa hubungan antara tingkat pendidikan, pengetahuan tentang K3 terhadap budaya K3 pada perusahaan manufaktur. Jurnal Ecodemica, 2(2), 193-201.

Ismara, K.I. dan Prianto, E. (2016). Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Bidang Kelistrikan (Electrical Safety). Solo: CV. Adicandra Media Grafika.

Kisno, K., Siregar, V. M. M., Sugara, H., Purba, A. T., & Purba, S. (2022). Edukasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Sekolah Menengah Kejuruan di Tanjung Morawa. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 570-579.

Mbindi, M. A., Nur, N. H., & Syamsul, M. (2021). Tingkat Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Tentang Kesehatan Lingkungan Sekolah di SD Jaya Negara Makassar. Jurnal Promotif Preventif. https://doi.org/10.47650/jpp.v4i1.247

Mindhayani, I. (2022). Sosialisasi keselamatan dan kesehatan kerja dasar bagi siswa sekolah dasar. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 3(2), 118-122.

Mindhayani, I. (2019). PENYULUHAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI UD. BAROKAH BANTUL. Jurnal Berdaya Mandiri. https://doi.org/10.31316/jbm.v1i1.287

Muthalib, I. S. (2018). Sosialisasi Budaya K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja) untuk Usia Dini di Tingkat Sekolah Dasar IKIP 2 Kota Makassar. JURNAL TEPAT : Applied Technology Journal for Community Engagement and Services. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v1i1.22

Muthalib, I. S. (2020). Sosialisasi, Simulasi Kebakaran Dan Pendampingan Budaya K3 Untuk Usia Dini Di SD “Rumah Sekolah Cendikia” Kel.Paccinongan Kec.Somba Opu Kabupaten Gowa. JURNAL TEPAT : Applied Technology Journal for Community Engagement and Services. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v3i1.14

Pertiwi, W. E., & Febrianti, R. (2022). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap dengan Kejadian Kecelakaan Kerja pada Siswa Boarding School dan Pondok Pesantren di Kota Serang. JOURNAL OF BAJA HEALTH SCIENCE, 2(02), 129-137.

Rahman, R., Alwi, M. K., & Suharni, S. (2022). Pengaruh Penerapan Modul K3 Sebagai Bahan Ajar Terhadap Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Tentang Kesehatan Dan Keselamatan Kerja: The Influence of the Application of K3 Modules as Teaching Materials on Knowledge of Elementary School Children About Occupational Health and Safety. Journal of Muslim Community Health, 3(2), 152-166.

Ratry, R. (2021). Tanggung Jawab Pengusaha Dan Pekerja Dalam Penerapan K3 Pada Proyek Konstruksi Ditinjau Dari Pelaksanaan Hak Dan Kewajiban Para Pihak. " Dharmasisya” Jurnal Program Magister Hukum FHUI, 1(2), 32.

Sulastri, K., Purna, I. N., & Suyasa, I. N. (2014). Hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku anak sekolah tentang hidup bersih dan sehat di sekolah dasar negeri wilayah Puskesmas Selemadeg Timur II. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 4(1), 99-106.

Syamsiah, S., Fachrin, S. A., & Wahyu, A. (2021). Pengaruh Edukasi Modul Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Dasar Terhadap Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Negeri Utama 2 Kota Tarakan. Journal of Muslim Community Health.

Tyas, D. C. (2020). Hak dan kewajiban anak. Alprin.

Wibowo, E. A., Hidayah, M. N. W., Widyastuti, W., & Warastri, P. (2022). Identifikasi Potensi Bahaya dan Penyuluhan Keselamatan & Kesehatan Kerja pada Bengkel Motor di Kabupaten Kebumen. Jurnal Pengabdian Masyarakat-PIMAS, 1(3), 165-173.

Published

2024-06-09

How to Cite

Menanamkan Budaya K3 Sejak Dini : Program Edukasi Untuk Siswa Sekolah Dasar. (2024). Jurnal Suara Pengabdian 45, 3(2), 74-82. https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v3i2.1626

Similar Articles

1-10 of 60

You may also start an advanced similarity search for this article.