Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Upaya Pengenalan dan Pemasaran Batik di Kabupaten Batang

Authors

  • Siti Mariyam Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Anggraeni Endah Kusumaningrum Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Rr. Widyorini Indriasti W Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Retno Mawarini Sukmariningsih Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Agus Wibowo Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Agus Widodo Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Kunarto Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Markus Suryo Utomo Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Mashari Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • M. Riyanto Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v3i1.1443

Keywords:

Digital, Teknologi Informasi, Pemasaran, Pengenalan

Abstract

Artikel ini merupakan penyajian yang didasarkan pada pengabdian kepada masyarakat, dimana artikel ini memiliki maksud untuk menganalisis bagaimana kondisi saat ini atas pemanfaatan  teknologi  informasi  dalam  upaya pengenalan serta pemasaran  produk  batik  di wilayah Kabupaten Batang. Pengabdian ini dilaksanakan dengan dasar pemikiran bahwa batik merupakan warisan budaya Indonesia yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan derajat ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Batang yang Sebagian masyarakatnya menggantungkan hidup pada sektor pengrajin batik. Demi mendukung eksistensi pengerajin batik maka sudah sepatutnya pengerajin batik di Kabupaten Batang mulai memanfaatkan teknologi informasi dalam pengenalan dan pemasaran produk yang dihasilkan agar mampu bersaing baik di level lokal maupun internasional. Pengabdian ini akan mencoba memberikan kontribusi nyata bagaimana memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang dapat dilakukan oleh para pengrajin dalam mengenalkan dan mempromosikan bati di Kabupaten Batang, dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sedang popular saat ini seperti teknologi media sosial, website, konten digital, digital advertising, dan memanfaatkan influencer lokal dan nasional dalam membantu memasarkan produk yang dihasilkan oleh pengerajin. Hasil dari pengabdian ini diharapkan dapat sedikit memberikan sumbangsih pengetahuan dan menambah wawasan bagi para pengerajin untuk mulai memanfaatkan teknologi informasi dalam mengenalkan dan mempromosikan produk batik Kabupaten Batang agar tetap eksis di era yang serba digital saat ini.

References

Aslan, Omer, and Refik Samet. “A Comprehensive Review on Malware Detection Approaches.” IEEE Access, 2020. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2019.2963724.

Haryanto, Hery, Delfina Delfina, Jessica Jessica, Jesseline Chang, and Fionna Quinn. “Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas, Efisiensi Dan Pendapatan UMKM JHN Shop Batam.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia 2, no. 2 (2022). https://doi.org/10.52436/1.jpmi.494.

Kustiyah, Eny, and Iskandar. “Batik Sebagai Identitas Kultural Bangsa Indonesia Di Era Globalisasi.” Gema 30, no. 52 (2017).

Laras Ati, Putri Indah, and Atika Wijaya. “Upaya Industri Kecil Batik Dalam Meningkatkan Pendapatan Melalui Pemasaran Online Di Desa Gemeksekti Kebumen.” Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development 4, no. 2 (2022). https://doi.org/10.52483/ijsed.v4i2.78.

Latifah, Fitri Nur, Nuril Lutvi Azizah, Muhammad Ruslianor Maika, and Nafisah Maulidiyah Chusna. “Analisa Strategi Pemasaran Batik Secara Online Pada Produsen Batik Warga Muhammadiyah Desa Kenongo Kabupaten Sidoarjo.” MALIA (TERAKREDITASI) 13, no. 1 (2021). https://doi.org/10.35891/ml.v13i1.2796.

Oz, Harun, Ahmet Aris, Albert Levi, and A. Selcuk Uluagac. “A Survey on Ransomware: Evolution, Taxonomy, and Defense Solutions.” ACM Computing Surveys 54, no. 11s (2022). https://doi.org/10.1145/3514229.

Prasetyo, Rizki Dwi. “PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PELAKU TINDAK PIDANA PENIPUAN ONLINE DALAM HUKUM PIDANA POSITIF DI INDONESIA.” World Health Organization, World Bank Group, OECD, no. July (2014).

Praswati, Aflit Nuryulia, Mabruroh, Wafiatun Mukharomah, Helmia Khalifah Sina, and Della Mafiana. “Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Batik Sekar Arum.” Abdi Psikonomi, 2022. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1399.

Purnamasari, Diah Ayu. “Sejarah Perkembangan Makna Dan Nilai Filosofis Batik Srikit Khas Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah.” ADITYA - Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa, no. Vol 8, No 1 (2016): ADITYA (2016).

Riani, Asri Laksmi, Edi Kurniadi, Mohammad Cholil, and Atmaji, Susan Dwi Cahyaningrum. “Pengembangan UKM Batik Desa Pilang Melalui Pemasaran Online.” Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 2 (2019). https://doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3368.

Downloads

Published

2024-04-02

How to Cite

Siti Mariyam, Anggraeni Endah Kusumaningrum, Rr. Widyorini Indriasti W, Retno Mawarini Sukmariningsih, Agus Wibowo, Agus Widodo, … M. Riyanto. (2024). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Upaya Pengenalan dan Pemasaran Batik di Kabupaten Batang. Jurnal Suara Pengabdian 45, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v3i1.1443

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.