Digitalisasi Siswa Sekolah Dasar melalui Pelatihan Pembuatan Poster dengan PixelLab

Authors

  • Indah Purnama Sari Universitas Tulang Bawang
  • Susanti Sundari Universitas Tulang Bawang

DOI:

https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v3i1.1426

Keywords:

Pixellab, Poster, pelatihan, Siswa SD

Abstract

Digitalisasi siswa Sekolah Dasar penting untuk memberikan pelatihan membuat poster dengan menggunakan aplikasi dalam pemanfaatan teknologi di pembelajaran. Kegiatan pengabdian pada siswa SD Negeri 5 Talang, Kelas 6 di Bandar Lampung bertujuan mengajarkan siswa melalui menggunakan PixelLab dalam bereksperimen di pelajaran Matematika pada praktik Market Day yang diadakan sekolah. Hal ini bertujuan untuk mendekatkan dunia pembelajaran kepada anak-anak melalui pemanfaatan aplikasi PixelLab dengan cara yang menarik dan interaktif, dapat mengakses bantuan teknologi dan mengembangkan kreativitas siswa. Metode yang digunakan melalui pendekatan partisipatif dan komunikasi   individual, dengan tahapan sosialisasi berupa ceramah, demonstrasi, pelatihan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan sosialisasi dan pelatihan secara umum menghasilkan keberhasilan berupa ouput bagi peserta pelatihan; keberhasilan    dalam    partisipasi    peserta dengan   keaktifan    siswa    dalam   diskusi, sangat responsif dan bersemangat, tersampaikannya materi  sesuai dengan rencana  dan    target, dan terjadi peningkatan  pengetahuan  jumlah siswa yang sebelumnya mengetahui aplikasi PixelLab hanya 5%, dan setelah sosialisasi meningkat menjadi 95%. Dan hasil pelatihan penggunaan disimpulkan bahwa tujuan pelatihan tercapai dengan baik dimana jumlah siswa yang awalnya bisa menggunakan aplikasi hanya sebesar 2%,  dan setelah pelatihan meningkat menjadi 98% mampu menggunakan aplikasi untuk menghasilkan poster. Hasil akhir adalah siswa mampu membuat poster-poster yang menarik dengan menggunakan aplikasi PixelLab.

References

Agustina, D., Yosmar, S., Fransiska, H., & Taksiyah, M. (2021). Pendampingan Survey Tentang Pemahaman Warga Rt. 39 Rw. 07 Kelurahan Pagar Dewa Terhadap Pemanfaatan Disinfektan Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19. Tribute: Journal of Community Services, 2(1), 19-30.

Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan metode ceramah dan diskusi dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur'an, 10(2), 119-131.

Anggraini, L., & Nathalia, K. (2014). Desain Komunikasi Visual: Panduan untuk Pemula. Nuansa Cendekia.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50-58.

Arsyad, A. A. H. J., Sulistyo, L., Rahayu, W., & Fatmawati, E. (2023). Upaya Peningkatan Literasi Digital Masyarakat Melalui Program Pelatihan Komputer Di Desa Terpencil. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 654-661.

Chairunnisa, K., & Sundi, V. H. (2021, November). Pelatihan penggunaan aplikasi canva dalam pembuatan poster pada siwa kelas x sman 8 tangsel. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Darmawan, D., Sudrajat, I., Maulana, M. K. Z., & Febriyanto, B. (2021). Perencanaan Pengumpulan Data sebagai Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Lembaga Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 71-88.

Elis Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran.

Faradillah, N., Hermansyah, S., Yusmah, Y., Aksan, M., Kamal, K., Sutarna, Y. F., & Amalia, A. P. (2024). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA DALAM PEMBUATAN DESIGN POSTER PADA SIWA KELAS XI MAN 1 SIDRAP. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 432-434.

HADI, S. (2014). DESAIN GRAFIS DAN DIGITAL PRINTING PADA PERCETAKAN CV. NOFA.

Hasanah, N. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Software Microsoft OneNote Terintegrasi Nilai Islami di SMA/MA (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

HIDAYAT, R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS GAMES EDUKATIF PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMPN 7 SIJUNJUNG.

Setiawan, H. (2020). Train Survive People At Times Pandemic. Umsida Press, 1-127.

Setyawan, A. V. (2023). Proyek Javhistografi untuk Mengembangkan Kreativitas dan Triliterasi

Membuat Teks Deskriptif Kreatif Berbahasa Jawa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 437-456.

Sudjanarti, D., Rahmi, A., Utomo, H., Wardani, R. T. I., & Palandi, E. H. (2022). APLIKASI PIXELLAB UNTUK DASAIN MEDIA INFORMASI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (J-ABDIMAS), 9(1), 49-53.

Suhada, S., Hadjaratie, L., Amali, L. N., Yusuf, R., Muthia, M., Ahaliki, B. & Usup, R. M. (2023). PENDAMPINGAN PENGGUNAAN CANVA DAN MICROSOFT OFFICE DI SMK NEGERI 2 PAGUYAMAN. Devotion: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains dan Teknologi, 2(1), 60-64.

Tjahyanti, L. P. A. S., Pratama, P. A., Sutama, G. R., & Saputra, P. S. (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN TEKNOLOGI KNOWLEDGE GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) PELITA KASIH SINGARAJA. Jnana Karya, 3(2), 1-6.

Wiliandari, Y. (2014). Rancangan pelatihan dan pengembangan sdm yang efektif. Society, 5(2), 93-110.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Sari, I. P., & Susanti Sundari. (2024). Digitalisasi Siswa Sekolah Dasar melalui Pelatihan Pembuatan Poster dengan PixelLab. Jurnal Suara Pengabdian 45, 3(1), 74–84. https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v3i1.1426

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.