Systematic Literature Review: Efektivitas Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v2i3.927Keywords:
efektivitas, pembelajaran tematik, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tematik di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data yaitu dengan mendokumentasikan semua artikel yang terkait dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan 12 artikel jurnal nasional yang diperoleh dari database google scholar dengan menggunakan aplikasi Harzing’s Publish or Perish dan peneliti menggunakan hanya 8 artikel terpaut dengan tema yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran tematik di sekolah dasar dapat dijadikan solusi dalam menanggapi permasalahan siswa sehingga memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa selain itu juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
References
Alfi, Achmad Fajar Aulia Nur. (2022). SISTEMATIC LITERATURE REVIEW : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JJIGSAW PADA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR. SCHOLASTICA JOURNAL JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PENDIDIKAN DASAR 5 NOMER 1, 5(1), 32–42.
Amalia, Syarifa Rahma, Fakhriyah Fina, & Ardianti Dwi. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kotak Kehidupan pada Tema 6 Cita-Citaku. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 7–13. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/wasis.v1i1.4513
Aprilianingrum, D., & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis: Komparasi Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Basicedu, 5(2), 1006–1017. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.871
Dewi Widyaningrum, M., & Sulistya Wardani, N. (2020). Efektivitas Pembelajaran Tematik (PS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. International Journal of Elementary Education, 4(1), 90. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24385
Djamarah, Syaiful, B., & Aswan, Z. (2010). Starategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Efendi, F. K., B, R., & S, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Tematik Tipe Webbed Berbantuan Media Teknologi Terhadap Hasil Belajar Murid Sekolah Dasar Gugus 29 Campagaloe Kabupaten Bantaeng. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1290–1297. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.1654
Hasibuan, A. P. G., Rejeki, Safrudin, Elvina4, & Program, S. F. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(1), 564–572.
Husada, S. P. et al. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373
Istiadaningsih, D., Adisel, & Fitriana, S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mensukseskan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Iii Sekolah Dasar. Journal of Elemantary School (JOES), 4(22–30), 25. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joes.v4i1.2024
Izza, E. N., & Dewi, D. K. (2013). PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KEDUNGGEMPOL. 1–10.
Jelita, A., & Putra, E. D. (2021). Analisis Kesulitan Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 429–442. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1010
Kumalasani, M. P., & Eilmelda, Y. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook Pada Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 10(1), 39–51.
Maarif, R. A., & Prasetyo, T. (2020). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Kreativitas Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 5 SD Negeri Tingkir Tengah 01 Tahun 2019/2020. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1577
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.
Mardati, A., Sukma, H. H., Karmila, F., & Febrilia, Y. (2022). Efektivitas perangkat pembelajaran tematik discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 256–264. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.5140
Maryanti, E., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Board Games Berbasis Permainan Tradisional Egrang Batok untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4212–4226. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1486
Mashur, D. K. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V Delila Khoiriyah Mashuri Abstrak. 1–11.
Mawardi, A. D., & Aritonang, M. A. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK DAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BANGKAL. 18(01), 70–76.
Muliawan. (2016). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Ar-Ruzz Media.
Nasution, M. R., Rodiyah, S., Hutabarat, H., Sabila, S., & Nasution, W. A. (2022). Systematic Literatur Review: Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Biologi. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(2), 237. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i2.6353
Ningsih, T. H. I., & Lestari, W. (n.d.). Analisis Pembelajaran Tematik Berbantuan WhatsApp Group ( WAG ) Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah di Era Pandemi. 7(1), 19–35.
Nurcahyani, R. M., Utaminingsih, S., Ismaya, E. A., & Kudus, U. M. (2022). Analisis Pembelajaran Tematik Kelas IV pada Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5674–5684. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3210
Prananda, G. (2020). Pengembngan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1. 1.
Purwatiningsih, H., & Madiun, U. P. (2020). Efektivitas penggunaan media scrapbook terhadap hasil belajar tematik siswa SD. 2, 313–320.
Ridha, M. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. 5, 154–162.
Sari, I. K., & Astuti, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Luring Dan Daring Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1717–1723. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.642 Copyright
Watipah, Y. (2019). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education JOURNAL ON TEACHER EDUCATION 1 NOMOR 1 TAHUN, 1, 12–23. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Suara Pengabdian 45

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.