Analisis Inovasi Produk Terhadap Nilai Guna Tapis Di Desa Kalirejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung

Authors

  • Yudiana Sari Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Humaniora Universitas Satu Nusa Lampung
  • Sulastri Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Humaniora Universitas Satu Nusa Lampung
  • Homsatun Nafiah Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Humaniora Universitas Satu Nusa Lampung

DOI:

https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v2i3.1056

Keywords:

Produk, Inovatif, Tapis, Nilai Guna

Abstract

Ibu rumah tangga di desa Kalirejo Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung memproduksi tapis dengan skala home industry untuk menambah pemasukan ekonomi keluarga. Namun selama ini produksi tapis dengan skala tersebut memiliki kelemahan terutama dalam hal inovasi produk. Produk tapis yang dihasilkan hanya seputar selendang dan kain sarung saja. Hal ini berdampak pada jumlah penjualan karena tapis hanya digunakan dalam kegiatan formal saja seperti acara adat ataupun pernikahan. Hasil dari turunan produk tapis pun masih di dominasi kalangan dewasa; belum menjangkau kalangan remaja. Hal ini dikarenakan desain serta bentuk turunan tapis yang ada saat ini dinilai belum sesuai dengan perkembangan masyarakat sekarang. Maka dari itu perlu adanya inovasi untuk memperbarui produk yang sudah ada agar dapat lebih menarik perhatian konsumen dan memiliki perbedaan dengan produsen lainnya. Sehingga nantinya akan berdampak pada kenaikan jumlah pemakaian yang secara tidak langsung juga akan berpengaruh pada kenaikan jumlah penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan konsulatif terhadap mitra. Metode ini dilakukan dengan cara meminta pendapat mitra terkait pelatihan atau kegiatan yang berlangsung serta memberitahu atau meluruskan hal hal yang bersifat prinsip yang kiranya keliru atau menyimpang. Sedangkan untuk kegiatan yang bersifat praktek, peneltian ini menggunakan pendekatan partisipatif, yaitu diskusi terkait permasalahan yang ada, pencarian alternative solusi dan pembuatan keputusan atas dasar kerjasama atau kesepakatan bersama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan potensi masyarakat desa dengan sasaran (mitra) masyarakat yang produktif secara ekonomi

References

Lena Elitan dan Lina Anatan, Manajemen Inovasi Transformasi Menuju Organisasi Kelas Dunia, (Bandung: ALFBETA, 2009), 37

Nugroho Setiadi, J. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran (Jakarta; Predana Media, 2003). 398-399

Amiri, F., Jasour, J., Shirpour, M., &Alizadeh, T. Evaluation of effective fashionisminvolvement factors effects on impulse buying of customers and condition of interrelation between these factors. Journal of Basic and Applied Scientific Research, (2012),

Sugiyono.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2008).

Hidayat, R. Pengaruh Variasi Produk, Persepsi Harga dan Lokasi Tergadap Minat Beli Dum Dum Thai Tea. Skripsi Fakultas Management Universitas Esa Unggul. (Jakarta, 2015)

Downloads

Published

2023-09-22

How to Cite

Yudiana Sari, Sulastri, & Homsatun Nafiah. (2023). Analisis Inovasi Produk Terhadap Nilai Guna Tapis Di Desa Kalirejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Jurnal Suara Pengabdian 45, 2(3), 6–13. https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v2i3.1056

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.