Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Menjadi Produk Bernilai Tambah

Authors

  • Inna Kholidasari Universitas Bung Hatta
  • Noviyarsi Noviyarsi Universitas Bung Hatta
  • Dessi Mufti Universitas Bung Hatta
  • Lestari Setiawati Universitas Bung Hatta
  • Yesmizarti Muchtiar Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v2i3.1048

Keywords:

nocos nucifera, cocofiber, nilai produk, inovasi

Abstract

Pohon kelapa (nocos nucifera) merupakan tanaman perkebunan dimana hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan oleh manusia dan diolah sebagai produk industri. Salah satu perusahaan yang mengolah sabut kelapa adalah CV. Kosapa yang berlokasi di Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini adalah cocofiber, cocopeat, dan baby fiber yang merupakan bahan dasar produk lain dengan nilai dan harga jual yang lebih tinggi. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan ini adalah pada proses penjemuran cocofiber dan produk yang dihasilkan belum dikelola dengan baik. Tujuan kegiatan adalah memberikan usulan perbaikan dan ide kreatif pemanfaatan cocofiber menjadi produk lainnya. Dengan metode wawancara dan pengamatan langsung, dihasilkan ide bagi pengelola industri baik dalam hal perbaikan proses produksi maupun pengembangan ide kreatif untuk meningkatkan nilai produk. Diharapkan hasil kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh CV. Kosapa-PMG, maupun industri-industri sejenis di sekitar Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Author Biographies

Noviyarsi Noviyarsi, Universitas Bung Hatta

Industrial Engineering Department

Dessi Mufti, Universitas Bung Hatta

Industrial Engineering Department

Lestari Setiawati, Universitas Bung Hatta

Industrial Engineering Department

Yesmizarti Muchtiar, Universitas Bung Hatta

Industrial Engineering Department

References

Anjani, A. 10 Negara Terbesar di Dunia, Salah Satunya Indonesia, detikEdu, 12 Agustus 2021, [Online], Tersedia: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5679064/10-negara-kepulauan-terbesar-di-dunia-salah-satunya-indonesia. [Diakses: 28 Juli 2023]

Amin, T. M., Jayadi, M. R., Arifiandi, Y., Belanosa, Y. K., Hadi, L. H., Dewanty, D. D., Novitasari, I., Pujiati, T., Rosida, F., Rizky, A., Setiawan, D. A., Mawan, F. D., Nurcholis, H., Tamrin, M., Irawan, R. Mahara, R., danFajriaty, W. N. Penyuluhan dan Pelatihan Pengolahan Sabut Kelapa. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 2015, 4, pp: 93-97

Asrawaty, A., Sabariyah, S., Marjun, M. Jufri, M. Pengolahan Limbah Sabut Kelapa Menjadi Produk Bernilai Ekonomi Pasca Gempa di Masa Pandemik Covid-19 di Desa Salubomba. Abditani:Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2021a, 4 (3), pp:154-157.

Asrawaty, A., Sabariyah, S., Marjun, M. Jufri, M. Wisata Pantai sebagai Sentra Olahan Minyak Kelapa Tahan Simpan dan Virgin Coconut Oil Pasca Gempa di Desa Salubomba. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas Andalas: LOGISTA, 2021b, 4, pp: 589-594.

Astuti, F., Pratapa, S., Suasmoro, S., Triwikantoro, T., dan Cahyono, Y. Pengolahan Limbah Sabut Kelapa Menggunakan Mesin Pencacah dalam Upaya Pemanfaatannya sebagai Produk Tepat Guna di Desa Candi Mulyo-Dolopo-Madiun. SEWAGATI, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2023, 7, pp: 39-48.

Azzaki, D. A., Iqbal, M., Maulidia, V., Arifin, A., Apriani, I, dan Jati, Dian Rahayu. Potensi Pemanfaatan Limbah Serabut Kelapa (Cocofiber) Menjadi Pot Serabut Kelapa (Cocopot). Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, 2020, 8, pp:039-048.

Hidayat, S., Astriani, M., Saputri, W., dan Nuraini, N. Pendampingan Pengolahan Limbah Serabut Kelapa menjadi Cocofiber dan Cocopeat di Desa Manggar Raya. Jurnal SOLMA, 2021, 10, pp: 548-556.

Indahyani, T. Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa pada Perencanaan Interior dan Furniture yang Berdampak pada Pemberdayaan Masyarakat Miskin. Humaniora Binus, 2011, 2, pp: 15-23.

Ningtyas, K. R., Sarono, S., Analianasari, A., Agassi, T. N., Putri, P. G., Perdiansyah, M. H., dan Supriyanto, S. Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Sebagai Produk Unggulan Lokal. Jurnal Pengabdian Nasional, 2022, 1, pp:1-6

Salsabila, A., Oktavia, A., Dewi, F. M., Purwani, Y., Arsyi, F. S., Albar, R., Priyanti, Khairiah, A., dan Des M. Nilai Manfaat Ekonomi Tanaman Kelapa (Cocos Nucifera L.) di Pasar Tradisional Kemiri Muka di Kota Depok, Jawa Barat, dalam Prosiding SEMHAS BIO 2022 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pp. 242-251, 24-25 Mei 2022.

Widiyanti, R. A.,Pemanfaatan Kekapa Menjadi VCO (Virgin Coconut Oil) Sebagai Antibiotik Kesehatan dalam Upaya Mendukung Visi Indonesia Sehat 2015, dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi pp. 577-584, Malang, 29 Juni 2015.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Kholidasari, I., Noviyarsi, N., Mufti, D., Setiawati, L., & Muchtiar, Y. (2023). Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Menjadi Produk Bernilai Tambah. Jurnal Suara Pengabdian 45, 2(3), 24–33. https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v2i3.1048