Pengaruh Daya Tarik, Citra Destinasi, Dan E-Wom Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Taman Wisata Guci

Authors

  • Nur Ahmat Zaim Harisstha Program studi Manajemen Fakultas ekonomika Dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Mahmud Mahmud Udinus Semarang
  • Ariati Anomsari Udinus Semarang
  • Febrianur Ibnu Fitroh Sukono Putra Udinus Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56444/sa.v13i1.1320

Keywords:

daya tarik, citra destinasi, electronic word of mouth, keputusan berkunjung

Abstract

Keputusan wisatawan untuk mengunjungi suatu objek wisata memiliki peran krusial dalam perkembangan objek tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menilai pengaruh daya tarik, citra destinasi, dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dengan keputusan berkunjung di Taman Wisata Guci. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda, pada pengunjung yang pernah mengunjungi Taman Wisata Guci sebagai sampel penelitian. Kuesioner diberikan kepada wisatawan yang sudah mendatangi Taman Wisata Guci menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling, dengan banyak sampel sejumlah 100 responden. Hasil dari penelitian menyatakan yakni keputusan berkunjung dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh daya tarik rekreasi, citra destinasi, dan E-WOM. Uji F menunjukkan bahwa keputusan berkunjung ke Taman Wisata Guci secara signifikan dipengaruhi secara bersamaan oleh Daya Tarik, Citra Destinasi, dan E-WOM. Oleh karena itu, pengelola Taman Wisata Guci disarankan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan daya tarik, citra destinasi, dan E-WOM agar jumlah pengunjung dapat terus meningkat setiap tahunny

References

Adi Putra, G. B. P., & Wulandari, N. L. A. A. (2023). Pengaruh Daya Tarik Rekreasi, Akomodasi Rekreasi dan Citra Destinasi pada Pilihan Berlibur Pengunjung di Tempat Rekreasi Taman Sari Buwana Tradisional Farming di Kabupaten Tabanan Gede Bagus Pramahesta Adi Putra (1) Ni Luh Adisti Abiyoga Wulandari (2) (. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(2), 397–407.

Ariyanto, M. Z., & Dorojatun, P. (2018). The Influence Of Electronic Word-Of-Mouth And Destination Image On Visit Decision Through Visit Intention As Intervening Variable. Management Analysis Journal, 7(3), 319–327.

Camelia, A., Begawati, N., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Ekasakti, U. (2020). Pengaruh Daya Tarik Dan Aksetabilitas Pada Pilihan Pengunjung Berlibur Lagi di Tempat Rekreasi Pantai Gandoriah Di Kota Pariaman The Attraction Of Attraction And Accessitability On Decision Visiting Backtourism Gandoriah Beach Tourism Object In Pariaman City. JM Jurnal Matua, 2(1), 31–50.

Candra, B. F., & Suparna, G. (2019). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Electronic Word Of Mouth Pada Niat Beli. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6638.

Gede, T., & Sukawati, R. (2019). Faktor-Faktor Yang Membujuk Pilihan Pengunjung Cina Berlibur Ke Bali. E-Jurnal Manajemen, 8(5), 2809–2833.

Huda, M. K., Rachma, H., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Citra Destinasi, Barang Rekreasi Dan Word Of Mouth Pada Pilihan Berlibur di Rekreasi Coban Jahe. E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma, 90–101. www.fe.unisma.ac.id

Iskandar, Y., & Husna Samosir, S. (2022). Pengaruh Citra Destinasi Pada Pilihan Berlibur Di Tempat Rekreasi Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai Info Artikel Abstrak. Jurnal Bisnis Mahasiswa JBM, 128–135.

Kanwel, S., Lingqiang, Z., Asif, M., Hwang, J., Hussain, A., & Jameel, A. (2019). The influence of destination image on tourist loyalty and intention to visit: Testing a multiple mediation approach. MDPI ( Multidisciplinary Digital Publishing Institute), 11(22), 1–19.

Khairani Pardila, M., & Abror, A. (2022). Marketing Management Studies The effect of electonic word of mouth, destination social responsibility, destination image, and destination trust on intention to visit on Kinantan wildlife and culture tourism object at Bukittinggi. Marketing Management Studies, 2(1), 59–74.

Khotimah, I., & Sulistyowati, R. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWOM) Di Sosial Media Pada Kemauan Dan Pilihan Berlibur Ke Surabaya (Pembelajar untuk Pengunjung Yang sudah Berwisata Rekreasi Sejarah Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1).

Mahmud, Ratnawati, J., & Sartika, M. (2020). Managing Innovation and Entrepreneurship Capability to Improve Marketing Performance. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Www.Ijicc.Net, 13(8), 251–269. www.ijicc.net

Makawoka, C. D. P., Soepeno, D., & Loindong, S. S. R. (2022). Daya Tarik Rekreasi, Citra Destinasi Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Pada Pilihan Berlibur di Tempat Rekreasi Pantai Kenzo Desa Kombi. Jurnal EMBA, 10(3), 817–829.

Prayogi, B., Indriani Dalimunthe, F., & Tondang, B. (2022). Pengaruh Daya Tarik Rekreasi, Electronic Word Of Mouth, Dan Citra Destinasi Rekreasi Pada Pilihan Berlibur Pengunjung Di Desa Wisata Lubuk Kertang, Kabupaten Langkat. Darma Agung, 30(2), 1214–1219.

Purwanto, H., Kadi, D. C. A., & Rismawati, G. (2021). Pengaruh E-WOM dan daya tarik Pada Pilihan berlibur lewat kemauan berlibur untuk variabel intervening. Management and Business Review, 5(2), 251–264.

Rofiah, C. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Pada Pilihan Berlibur Dimediasi dari Citra Destinasi. JMD: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 3(1), 32–39.

Rokhayah, E. G., & Andriana, A. N. (2021). Pengaruh Daya Tarik Rekreasi, Akomodasi, dan Kemudahan Pada Pilihan Berlibur Pengunjung ke Pantai Istana Amal Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 2(1), 10–18.

Safitri, I., Ramdan, A. M., & Sunarya, E. (2020). Peran Barang Rekreasi Dan Citra Destinasi Pada Pilihan Berlibur Pengunjung. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 734–741.

Sari, A. D., Made, N., Wijaya, S., Made, I., Negara, K., Studi, P., Perjalanan Wisata, I., & Pariwisata, F. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Pada Pilihan Berlibur Pengunjung Nusantara Ke Bali Zoo di Era New Normal. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), 10(2), 206–213.

Setyawan, A. D. (2019). Pengaruh Daya Tarik Rekreasi serta Harga Dengan Pilihan Berlibur Pengunjung di Tempat Rekreasi Coban Rais. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, 7, 1–19.

Susilawati, H. (2017). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Pada Pilihan Berlibur Ke Sindu Kusuma Edupark. In Jurnal Khasanah Ilmu (Vol. 8, Issue 2).

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Pengaruh Daya Tarik, Citra Destinasi, Dan E-Wom Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Taman Wisata Guci. (2024). Serat Acitya, 13(1), 12-21. https://doi.org/10.56444/sa.v13i1.1320

Similar Articles

1-10 of 23

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)