PELAYANAN ADMINISTRASI TIKET TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KM. KELIMUTU PADA PT. PELAYARAN NASIONAL INDONESIA (PELNI SEMARANG)
DOI:
https://doi.org/10.56444/psgj.v2i2.622Keywords:
pelayanan, tiket, penumpang, kepuasan, PELNIAbstract
PT. Pelayaran Nasional Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi laut yaitu kapal penump PT.PELNI menitik beratkan kepada pelayanan terhadap kepuasan penumpang, Pelayanan penumpang dapat didefenisikan sebagai segala bentuk jasa pelayanan penumpang dan dalam bentuk barang dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka ketentuan peraturan perundang-undangan. Tujuan penelitan disi adalah untuk mengetahui kinerja jasa pelayanan serta mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa Pelayanan terhadap PT. PELNI. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, dari aspek kualitas pelayanan, sikap pegawai PT. PELNI terhadap penumpang dan, secara umum kinerja pelayanan yang belum memuaskan, masih memerlukan beberapa pembenahan agar bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada seluruh pengguna jasa PT. PELNI. Kedua, berdasarkan penilaian penumpang terhadap fasilitas yang disediakan oleh pihak PT. PELNI masih kurangnya tempat penjualan tiket dan tempat loket tiket, sehingga menimbulkan antrian panjang yang menimbulkan penumpang saling rebutan untuk segera bisa masuk ke dalam kapal KM. Kelimutu. Ketiga keamanan terhadap penumpang yang masih menyebabkan keresahan dan kerugian pada penumpang terhadap masih adanya pencaloan atau tiket palsu, bentrokan antar penumpang. Artinya sebagian besar penumpang menginginkan perbaikan pada tiga indikator tersebut dan harus menjadi prioritas dalam peningkatan pelayananannya oleh pihak PT. PELNI pada masa akan datang dalam memberikan layanan.
References
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aswin. 2000. Meningkatkan Kompetensi Aparatur Pemerintah Daerah Dalam Kebijakan Dan Pelayanan Publik, Editor Didi Marzuki, Pengantar, Taufik Efendi, MBA.
Gibson, Invancevich, Donelly.(1996). Organisasi, Prilaku, Struktur, Proses. Jakarta: Bina Rupa Aksara.
Gronroos, C. (1990). Service Management and Marketing : Managing the Moment of Truth in Service Competion. Massachhusetts : Lexington. Tesis Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.
Hadi, Sutrisno. (1989). Metodologi Research Jilid I&II. Yogyakarta : Andi Offset. Kartono, Kartini. (1980). Pengantar Metodologi Research Sosial. Bandung : Alumni. Kertati,Indra. Inovasi Pemerintah Daerah Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Dasar Akta Kelahiran. MIMBAR ADMINISTRASI ISSN: 9772581101001; Vol. 1 No. 1, Oktober 2017. http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/mia/article/viewFile/569/553
Bambang Istianto Indra Kertati, Hanif Nurkholis, Hardi Warsono. 2016. Reformasi Pelayanan Publik. ASIAN.
Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol). Jakarta : PT. Prenhallindo.
Manullang. (1985). Manajemen Personalia. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Moenir. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Askara, Jakarta. Nursalam. (2002). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktek Keperawatan
Profesional. Jakarta : Salemba Medika. Parasuraman, Valarie A. Zeithaml and Leonard
L. Berry.(1998). Reassesment of expectation as a comparison standard in measuring service quality : Implication for further researsch. Journal of Marketing. Chicago. Vol. 58, No.1.
Rahmat, Darsono. (2004). Tarif Dokumen Pasasi. Bandung : Alfa Beta.
Ratminto dan Atik Septic Winarsih. (2007). Pengertian Manajemen Pelayanan.Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : AlfaBeta. Suyono.R.P. (2005). Shipping Pengangkutan Intermodal Ekspor Impor Melalui Laut. Jakarta : PPM.
Sutopo. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.
Tjiptono, Fandy. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.