Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Kantor Lurah Mande Kecamatan Mpunda Kota Bima

Authors

  • Muhamad Iptidaiyah Universitas Mbojo Bima
  • Taufik Irfadat Universitas Mbojo Bima

DOI:

https://doi.org/10.56444/psgj.v5i2.1476

Abstract

Untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas (prima) merupakan salah satu ciri kepemerintahan yang baik (good governance) sebagai tujuan dan pendayagunaan aparatur negara. Disadari bahwa kebijakan pendayagunaan aparatur negara khususnya memperhatikan tuntutan dan dinamika masyarakat yang berada dalam suasana euphoria reformasi, demokratisasi, desentralisasi, otonomi daerah dan penegakan Hak Azazi Manusia, termasuk antisipasi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan upaya terus-menerus, berkelanjutan dan dilaksanakan oleh semua jajaran aparatur pemerintah. Adapun rumusan masalah yaitu bagaiamana prinsip pelayanan yang diaktualisasi dan bagaimana konfigurasi konkret aktualisasi prinsip pelayanan. Adapun metode penelitan yaitu kuantitatif, Data yang terkumpul kemudian di analisa dengan teknik analisis data menggunakan SPSS 16.0 for windows.  Untuk menyajikan data yang sistematis berdasarkan quisioner yang diberikan kepada responden dan diperkuat oleh observasi langsung kemudian jumlah responden sebanyak 39 orang. Adapun hasil penelitian yaitu mayoritas atau dominan responden menjawab baik dengan jumlah responden yang memberikan tanggapan baik sebanyak 20 orang dari 39 responden atau mencapai 51,28 %. kurang baik dengan jumlah responden yang memberikan tanggapan kurang baik sebanyak 20 orang dari 39 responden atau mencapai 51,18 %.        

 

Downloads

Published

2024-04-16

How to Cite

Muhamad Iptidaiyah, & Taufik Irfadat. (2024). Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Kantor Lurah Mande Kecamatan Mpunda Kota Bima. Public Service and Governance Journal, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.56444/psgj.v5i2.1476