ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA MASA PENDEMI COVID 19 (Studi Kasus Di Puskesmas Ngesrep Kota Semarang)

Authors

  • Domingos Lino Ximines Belo UNTAG Semarang
  • Christine Diah Wahyuningsih UNTAG Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56444/psgj.v2i2.616

Keywords:

Pelayanan, Kesehatan, Covid-19, Puskesmas.

Abstract

Menjaga kualitas pelayanan kesehatan pada massa pandemic Covid-19, Puskesmas dituntut untuk memberikan pelayanan secara cepat, tepat dan sehat. Covid-19 sebagai pandemic dunia, harus disikapi seluruh penduduk dunia termasuk Indonesia, teristimewa di puskesmas-puskesmas sebagai garda pelayanan public, dan sebagai pusat pemberantasan ataupun investigasi Covid-19. Penelitian ini berujuan menganalisis pelayanan kesehatan di Puskesmas Ngesrep dengan menggunakan purposive  random  sampling,  yaitu  memilih  secara  sengaja  beberapa  anggota  masyarakat  yang datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Ngesrep.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Ngesrep Kota Semarang masa pandemi Covid-19 relatif baik yang ditunjukkan dengan kompetensi teknik petugas kesehatan yang baik,   keterjangkauan dan akses ke puskesmas juga mudah, fasilitas nyaman, informasi yang diberikan sangat baik, ketepatan waktu pelayanan cukup baik dan hubungan antar manusia sangat baik. Inovasi terus dilakukan antara lain puskesmas mengefektifkan jumlah tenaga kesehatan yang ada sesuai kebutuhan pelayanan. Dengan sistem komputerisasi pasien tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Ayu, 2019. Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Simpang Empat Kecamatan Tangaran Kabupaten Sambas. Publika. Jurnal Ilmu Administrasi Negara. Vol 8, No. 3. Tahun 2019.

Bellina, 2017. Kualitas pelayanan kesehatan oleh Puskesmas di Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan. Vol 3, No 4 tahun 2017.

Bramasta. 2020. Update Covid-19 di Dunia 20 September: 30,9 Juta Infeksi | 10 Negara dengan Kasus Terbanyak. Retrieved from kompas.com website: https://www.kompas.com/ tren/read/2020/09/20/071500565/update- Covid-19-di-dunia-20-september--30-9-

juta-infeksi-10-negara-dengan?page=all. Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, 2020. Petunjuk Teknis Pelayanan Puskesmas Pada Masa Pandemi Covid-19. Jakarta : Kementerian Kesehatan. Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, 2020. Petunjuk Teknis Pelayanan Puskesmas Pada Masa Pandemi Covid-19. Jakarta : Kementerian Kesehatan

Irmawati, 2017. Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sangurara Kecamatan Tatanga Kota Palu.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) 2020.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online]. Available at: http://kbbi.web.id/pusat.

Kementerian Kesehatan RI. 2020. Petunjuk Teknis Pelayanan Puskesmas Pada Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan.

Kotler dan Keller. 2016. Marketing Management 15 th. Edition. New Jersey: Prentice Hall. Listyoningrum, 2017. Kualitas Pelayanan

Kesehatan di Puskesmas Ngaliyan Kota Semarang.

Mardalis. 2010. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi. Aksara.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Panambunan, 2011. Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Bahu Kecamatan Malalyang Kota Manado.

Poerwadarminta. 2010. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka.

Pohan 2016, Jaminan Mutu Layanan Kesehatan (Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan), Jakarta : EGC.

Rahman, 2015. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Jakarta: Banyumedia Publishing.

Sebayang, R. 2020. WHO Nyatakan Wabah COVID-19 Jadi Pandemi, Apa Maksudnya? Retrieved from CNBC Indonesia website: https://www.cnbcindonesia.com/news/

-4-144247/who- nyatakan-wabah-Covid-19-jadi-pandemi- apa-maksudnya

Siagian, 2014. Manajemen Strategik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Singarimbun, 2015. Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES.

Sugiarto, Endar, 2019. Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta : PT. Garamedia. Pustaka Utama Jakarta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam. Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Tanggap Covid-19 Prov Jateng. 2020. Sebaran Kasus COVID-19 di Jawa Tengah. Retrieved from Tanggap Covid-19 Prov Jateng. website: https://corona.jatengprov.go.id/.

Tjiptono, F. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andy Offset.

Undang-Undang dan Keputusan Menteri

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Downloads

Published

2021-07-22

How to Cite

Domingos Lino Ximines Belo, & Christine Diah Wahyuningsih. (2021). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA MASA PENDEMI COVID 19 (Studi Kasus Di Puskesmas Ngesrep Kota Semarang). Public Service and Governance Journal, 2(2), 17–23. https://doi.org/10.56444/psgj.v2i2.616

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.