Implementasi Sistem Pelayanan Kehumasan Dan Keprotokolan (Si Pelem Keprok) Sebagai Aplikasi Peningkatan Pelayanan Publik

Authors

  • Wasis Tejo Leksono Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Suparno Suparno Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Wahyu wirasati Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56444/jma.v7i2.476

Keywords:

implementasi, pemerintah daerah, reformasi birokrasi, inovasi, pelayanan publik.

Abstract

Pemanfaatan e-government bagi birokrasi khususnya Pemerintah Daerah diharapkan dapat menjadi alternatif bagi reformasi birokrasi menuju pelayanan yang lebih baik. Untuk menjawab tantangan tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menghadirkan inovasi pelayanan publik yaitu aplikasi Si Pelem Keprok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Si Pelem Keprok di Bagian humas dan protokol pemprov Jateng dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi inovasi aplikasi Si Pelem Keprok. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi kepustakaan. Hasil penelitian ini terdapat 5 fitur yang ada aplikasi tersebut. Yaitu peta kegiatan pimpinan, agenda kegiatan pimpinan, laporan berita, survey kepuasan, dan laporan aksi perubahan. Salah satu faktor implementasi yaitu komunikasi, masih sedikit responden yang merespon kinerja humas dan protokol melalui aplikasi tersebut. Respon masyarakat dapa menjadikan bahan evaluasi bagi kinerja huma dan keprotokolan pemprov Jateng.

 

 

References

Santosa, P. (2017). Administrasi Publik Teori dan Aplikasi Good Governance (EdisiKeempat). Bandung: PT Refika Aditama.

Elysia, V., & Wihadanto, A. (2017). Sumartono,“Implementasi e-government untuk mendorong pelayanan publik yang terintegrasi di Indonesia,.” Optim. Peran Sains Dan Teknol. Untuk Mewujudkan Smart City, 353–380.

Widodo, S. E. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwiyanto, A. (2017). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. Gajah Mada University Press.

Yuningsih, R. (2016). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli Di Kota Palu. Katalogis, 4(8), 175–183

Agustino, L. (2008). Dasar Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

https://humas.jatengprov.go.id/sipelemkeprok#

Downloads

Published

2023-02-22

How to Cite

Wasis Tejo Leksono, Suparno Suparno, & Wahyu wirasati. (2023). Implementasi Sistem Pelayanan Kehumasan Dan Keprotokolan (Si Pelem Keprok) Sebagai Aplikasi Peningkatan Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 7(2), 74–78. https://doi.org/10.56444/jma.v7i2.476

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.