Analisis Kinerja Fasilitas Terminal Kajen Kabupaten Pekalongan

Authors

  • Wahyu Yogi
  • Dhony Priyo Suseno Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56444/jcets.v2i2.1224

Keywords:

terminal, tingkat kepuasan, metode CSI

Abstract

Terminal Kajen dengan tipe B melayani Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Pedesaan. Terminal ini terletak di Kecamatan Kajen yang menjadi Kawasan pusat kegiatan. Dalam pelaksanaanya terdapat permasalahan yaitu Sebagian besar fasilitas terminal Kajen yang sudah tersedia dalam kondisi tidak terawatt dan tidak terpakai membuat kinerja pelayanan dan fasilitas terminal tidak optimal. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi saat ini terminal Kajen dalam hal fasilitas maupun pelayanan sesuai dengan standar pelayanan minimal terminal penumpang menurut PM No.40 Tahun 2015. Untuk metode yang ditinjau adalah fasilitas dan kepuasan pengguna terminal menggunakan metode Customer satisfaction index (CSI).

Hasil survey menyatakan bahwa ketersediaan fasilitas utama di terminal Kajen dengan presentase 57% sedangkan fasilitas utama yang tidak tersedia  sebesar 43% untuk fasilitas penunjang yang tersedia dengan presentase 17% kemudia fasilitas penunjang yang tidak tersedia sebesar 83%. Kemudian untuk hasil dari metode customer satisfaction index (CSI) tingkat kepuasan yang cukup puas dengan presentase 52,1%.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Yogi, W., & Suseno, D. P. (2023). Analisis Kinerja Fasilitas Terminal Kajen Kabupaten Pekalongan. Journal of Civil Engineering and Technology Sciences, 2(2), 19–24. https://doi.org/10.56444/jcets.v2i2.1224