Evaluasi Tindak Lanjut Program Pelatihan Web Programing di CV. Radar Teknologi Komputer
Follow-up Evaluation of the Web Programming Training Program at CV. Radar Teknologi Komputer
DOI:
https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i2.766Keywords:
Evaluasi, Tindak Lanjut, PelatihanAbstract
Evaluasi adalah sebuah metode yang digunakan dalam mengumpulkan, menganalisis serta menyajikan hasil data yang didapatkan dalam pelaksanaan program, data-data yang diperoleh dapat menjadi sebuah masukan dalam melakukan perbaikan. Tindak lanjut merupakan sebuah upaya yang dilakukan dalam memaksimalkan sebuah pelayanan yang diberikan sehingga dapat menentukan kecukupan, efektfan serta ketepatan waktu dari pelaksanaan program yang sudah diberikan sebelumnya. Penulisan artikel ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan evaluasi tindak lanjut di CV.Radar Teknologi Komputer dengan wawancara dan observasi langsung kepada pemiliki perusahaan. Dalam penulisan artikel ini penulis memilih metode kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi serta diperkuat dengan kajian literatur. Hasil yang ditemukan pada lapangan adalah penggunaan metode matrikulasi dalam mengevaluasi tindak lanjut peserta pelatihan web programing. Namun penggunaan metode matrikulasi kurang efektif dalam membantu peserta mengetahui sejauh mana perkembangan mereka.
References
Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar evaluasi program pendidikan. Cv. Pusdikra Mitra Jaya.
Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: PT. Ribeka Cipta, 2004), 1.
Cahyani, A. D. (2021). Jurnal Implementasi Evaluasi Hasil Belajar Pada Sekolah Dengan Program Double Track Di Provinsi Jawa Timur.
Daradjat dan Wahyudhiana, “Model Evaluasi Program Pendidikan”, ISLAMADINA, Vol XIV : No. 1, (2015), 2-3.
Harnawati, R. A., & Hidayat, A. (2014). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja terhadap Sikap Berpacaran Siswa Kelas XI di SMK NI Sewon Bantul Yogyakarta Tahun 2014 (Doctoral dissertation, STIKES'Aisyiyah Yogyakarta).
Muhammad Reza (2021) Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Bimbingan dan Konseling. https://www.mandandi.com/2021/07/tindak-lanjut-hasil-evaluasi-bimbingan.html
Lestari, N. S., Yulyani, Y., Aisyah, R. S., Sofiani, K. M., & Alawiyah, T. (2020). Paper K-9 Pelaporan Hasil Audit Dan Tindak Lanjut Audit Internal.
Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2010), hal. 1
SUMADI, N. M., Suarni, N. K., & Dantes, K. R. (2013). Studi Evaluatif Pelaksanaan Program Bimbingan Konseling Di SMP Negeri 3 Abiansemal. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).
Wiratama, M. I. (2014). PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM PENCEGAHAN FRAUD (KECURANGAN)(Studi kasus pada PT. Bank Danamon Tbk Cabang Asia Afrika) (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).