Supervisi dan Monitoring di PAUD KB Avicena Kota Tangerang
Supervision and Monitoring at the KB Avicenna PAUD, Tangerang City
DOI:
https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i2.717Keywords:
Monitoring, Supervisi, PAUDAbstract
Supervisi adalah suatu proses kegiatan untuk membimbing, membantu, membina, dan mengarahkan para pelaksana program dalam kegiatan kerjanya. Kegiatan supervisi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pelaksana program. Dengan supervisi tentu akan diketahui data yang berguna untuk dilakukan pengklasikasian, kendala yang dihadapi serta bahan untuk mencari solusi pemecahannya. Monitoring adalah pemantauan yang dapat dijelaskan sebagai kesadaran tentang apa yang ingin diketahui, pemantauan berkadar tingkat tinggi dilakukan agar dapat membuat pengukuran melalui waktu yang menunjukkan pergerakan ke arah tujuan atau menjauh dari itu. Penulisan artikel ini memiliki tujuan yaitu untuk untuk mensupervisi PAUD KB Avicena ini dengan mendatanginya langsung melihat kondisinya secara langsung seraya melakukan observasi dan wawacara kepada kepala sekolah hingga pendidiknya. Dalam penulisan artikel ini penulis memilih menggunakan metode kualitatif, karena didukung dengan melakukan wawancara, observasi, dan diperkuat oleh kajian literatur. Hasil dilapangan ditemukan bahwa dalam supervisi dan monitoring di Lembaga tersebut masih dibilang belum sepenuhnya tercapai karena PAUD KB Avicena masih terbilang baru karena belum mendapatkan izin oleh MENKUMHAM. Namun di PAUD KB Avicena ini sudah terbilang cukup baik dalam menjalankan tugasnya sebagai tempat wadah masyarakat sekitar untuk menyekolahkan anaknya di Paud tersebut.
References
Anggraini, A., Fatya, I. S., & Wulandari, R. (2022). PENGELOLAAN SUPERVISI KELOMPOK BERMAIN. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(03 September), 328-334.
Kurniawan, D., Dwikurnaningsih, Y., & Sulasmono, B. S. (2018). Evaluasi program supervisi akademik di PAUD swasta. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 107-123.
Suryana, A. (2010). Strategi monitoring dan evaluasi (monev) sistem penjaminan mutu internal sekolah. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.