Nilai Didaktis Dalam Novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye
DOI:
https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i3.461Keywords:
Nilai, Didaktis, NovelAbstract
Masalah yang dalam penelitian ini adalah Nilai Didaktis yang terkandung dalam Novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai didaktis yang terkandung dalam novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye. Manfaat penelitian Mampu memberikan pandangan pemikiran berupa konsep dibidang bahasa dan sastra Indonesia khususnya mengenai kajian sastra terhadap karya sastra lingkup universitas, Peneliti berharap agar hasil penelitian ini dapat bermanfaat untuk bahan pengajaran di sekolah-sekolah yang berkaitan dengan pembelajaran mengenai nilai-nilai. penelitian ini dapat digolongkan ke dalam penelitian Konten Analisis, Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik, Data dalam penelitian ini adalah berupa teks, kata dan kalimat yang menggambarkan Nilai dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye. Dengan demikian, maka Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye, Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik baca dan catat, Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan pendekatan Struktural.
Disimpulkan bahwa nilai didaktis yang terdapat dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye, terdapat dua belas potongan kutipan teks novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye yang tersebar pada halaman pertama sampai halaman terakhir yang dilakukan oleh beberapa tokoh dalam novel utamanya tokoh Laisa yang sering muncul sehingga banyak memunculkan dan memudahkan menemukan nilai-nilai didaktis yang di teliti oleh peneliti. Setelah peneliti selesai menelaah isi dari novel tersebut, di dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye masih banyak nilai yang terkandung didalamnya. Maka disarankan dalam penelitian ini dengan judul Nilai Didaktis Dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye hanya meneliti atau membahas nilai didaktisnya saja yang ada dalam novel. Atas dasar itu peneliti mengharapkan kepada peneliti selanjutnya agar dapat meneliti atau mengkaji hal – hal yang lain yang terkandung pada novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye yang lebih luas lagi
References
Aminuddin. 2001. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Malang: Sinar Baru Algensindo.
Badudu, J. S. 1998. Inilah Bahasa Indonesia yang Baik. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Djojosuroto, Kinayati, 2010. Penelitian Bahasa dan sastra. Bandung: Nuansa
Endarswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.
Furchan, A. 2004. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Hasbullah. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Kartono, Kartini. 2000. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : PT. Pradanya Paramita.
Lubis, Mochtar. 1995. Teknik Mengarang. Jakarta : Gramedia.
Moleong, lexy. 2002. Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Remaja karya
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak. Yogyakarta : Gadja Mada University Press.
Nurhayati, Lubis. 2004. Bahasa Indonesia Dan Teknik Penyusunan Karya Ilmiah. Medan: Jakarta Press.
Rahmanto 2008 ,Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Subanah, 2003. Nilai-Nilai Budaya. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Salim, Peter. 2000. Nilai Pendidikan Karakter. Jakarta : Balai Pustaka.
Salam. Burhanuddin, 2000. Etika Individual Pola Dasar Filsafat Moral. Jakarta: Rineka Cipta
Semi, Atar. 2000. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.
Sumardjo, Jakob, 2003. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
Suryabrata, Sumadi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Tarigan, Henry Guntur. 2011. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.