STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE (Studi Pada “Distribution Store Bullshirt Kota Bima”)
DOI:
https://doi.org/10.56444/sa.v12i1.604Keywords:
Strategi, komunikasi, pemasaran.Abstract
Saat ini perkembangan komunikasi melalui internet semakin pesat. Hal ini yang menyebabkan bisnis online semakin diminati. “Distribution Store Bullshirt Kota Bima” sebagai salah satu online store yang memasarkan produk dan memiliki strategi untuk menarik minat beli konsumen sehingga dapat bertahan ditengah persaingan bisnis online yang sangat ketat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah Pemilik dan 4 orang konsumen "Distribution Store Bullshirt Kota Bima". Hasil Penelitian ini adalah sebagai strategi komunikasi pemasaran yang dimiliki oleh “Distribution Store Bullshirt Kota Bima” akan diuraikan melalui teori marketing mix 4p yang terdiri dari product, price, place, promotion. Melalui elemen promotion “Distribution Store Bullshirt Kota Bima” memanfaatkan media social Instagram dan Facebook untuk menguraikan teori marketing mix 4p tersebut dan dari kegiatan yang dilakukan mampu menarik minat konsumen.
References
BUKU
Alma, Buchari. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi 2. Bandung : Alfabeta
Dr. M. Anang Firmansyah, S.E., M. (2020). Komunikasi Pemasaran, Pasuruan, Jawa Timur : CV. Penerbit Qiara Media.
Dewi. (2013). Perilaku konsumen. Palembang : Penerbit Citrabooks Indonesia
Efendi dan Udayana (2015). Prinsip-prinsip Pemasaran, Yogyakarta : Andi.
Kotler Philip, Amstrong Gary. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Malang : Penerbit Erlangga
Laksana, Fajar (2018). Manajemen Pemasaran.Yogyakarta : Graha Ilmu.
Mangkunegara, Prabu Anwar. (2012). Perilaku Konsumen (Edisi Revisi). Cetakan Kedua. Bandung : PT. Refika Aditama.
Machfoedz, Mahmud. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta : Cakra Ilmu
Prisgunanto, Ilham. (2014). Komunikasi pemasaran era digital. Jakarta : Prisani Cendekia
Raco, J. (2018) Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo
Suprapto, Tommy (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi dan Peran Manajemen dalam Komunikasi, Jakarta : PT. Buku Seru.
Saldana., Miles & Huberman. (2014) Qualitative Data Analysis, America : SAGE Publications.
Tjiptono, Andy (2012). Strategi Pemasaran.Yogyakarta : Andi
Tjiptoni, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : Andi Offset
Winardi dan Suparwarman (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
JURNAL :
Alfonita, F. (2018) “JURNAL AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE HEXAIMAGES SURABAYA,” Computers and Industrial Engineering, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tersedia pada : https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/60681/Aktivitas-Komunikasi-Pemasaran-Online-Hexaimages-Surabaya-Studi-Deskriptif-Kualitatif-Mengenai-Aktivitas-Komunikasi-Pemasaran-Online-Instagram-Hexaimages (Diakses: 20 April 2022).
Bachri, B. S. (2010) “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif,” Teknologi Pendidikan, Vol.10 No. 1, April 2010. Tersedia pada : http://www.yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/meyakinkan-validitas-data-melalui-triangulasi-pada-penelitian-kualitatif.pdf (Diakses: 22 April 2022).
Dwihartanti, M. (2015) “Komunikasi Yang Efektif,” Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta, hal. 7. Tersedia pada : http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/muslikhah-dwihartanti-mpd/komunikasi-yang-efektif.pdf (Diakses: 20 April 2022).
Kurniawan, D. (2018) “Komunikasi Model Laswell Dan Stimulus-Organism-Response Dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan,” Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2 No. 1, Januari 2018. Tersedia pada : https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/65/60 (Diakses: 20 April 2022).
Mujiyana, M., & Elissa, I. (2013). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online”, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma. Vol VIII, No. 3, September 2013. Tersedia pada : https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/article/view/5382/4824 (Diakses: 20 Mei 2022).
Sarastuti, D. (2017) “Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova,” Visi Komunikasi, Vol. 16, No. 01, Mei 2017. Tersedia pada : https://publikasi.mercubuana.ac.id/files/journals/16/articles/1645/submission/original/1645-3670-1-SM.pdf (Diakses: 20 April 2022).
INTERNET :
Wahyunanda Kusuma Pertiwi (2020) “Penetrasi Internet di Indonesia Capai 64 Persen”, https://tekno.kompas.com/read/2020/02/20/14090017/penetrasi-internet-di-indonesia-capai-64-persen?utm_source=Whatsapp&utm_medium=Refferal&utm_campaign=Sticky_Mobile (Diakses: 19 Februari 2022).
PUSTAKA YANG TIDAK DIPUBLIKASIKAN :
Annisa, N. (2014) Strategi Komunikasi Pemasaran Online (Studi Kasus pada Pemasaran Online di ‘REALInc Store’). SKRIPSI S1, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tidak Dipublikasikan.