Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Pasar Tradisional Semarang
DOI:
https://doi.org/10.56444/sa.v11i1.543Keywords:
Kualitas Produk, harga, lokasi, promosi. Pelayanan, keptusan pembelianAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi pilihan Pasar tradisional Kendala yang dihadapi pada pasar tradisional mengalami kesulitan dalam memenuhi kontinuitas barang, lemah dalam penguasaan teknologi dan manajemen sehingga melemahkan daya saing. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Pada Pasar Tradisional Semarang).. Dalam penelitian ini menggunakan atribut indikator faktor kualitas produk, harga, lokasi, promosi, pelayanan.sebagai variabel independen yang akan diteliti dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada 100 konsumen. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik accidental sampling. Analisa terhadap data analisa kuantitatif meliputi uji validitas, reliabilitas dan analisa Faktor. Hasil analisa tehadap 13 komponen indikator menghasilkan empat meliputi faktor 1: Harga terjangkau, Lokasi strategis, Potongan harga dan Hadiah atau bonus, faktor2: Kesesuaian harga, Lokas Mudah diketahui, Lokasi terjangkau, dan Iklan, faktor 3: Layanan ramah, Layanan cepat dan Memberi informasi dan faktor 4: Durabel dan Tampilan
References
Ardhian Prima Satya, Hari Susanta N, Apriatni E.P, Analisis Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Toko Buku Gramedia Di Kota Semarang Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Jalan Profesor Haji Soedarto, Sarjana Hukum Tembalang Semarang Email: administrasi.bisnis@undip.ac.id
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi.
Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep, dan Strategi). Jakarta : PT.
Grafindo Persada
Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada
Fresh Mart Bahu Mall Manado Jurnal Emba 71 Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 71-
Bilson Simamora. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama.
Christopher, Lovelock, Jochen Wirtz, & Jacky Mussry. 2011. Pemasaran Jasa. edisi 7.
Erlangga: Jakarta
Dea Putri Njoto1 dan Krismi Budi Sienatra (2018) pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Wenak Tok PERFORMA Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 3, Nomor 5, Universitas Ciputra Surabaya
Eunike Verina, dkk (2014), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Di Jejaring Sosial Facebook (Survei Pada Konsumen Toko Fashion Di Jejaring Sosial Facebook Yang Berlokasi Di Indonesia), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 10 No. 1 Mei 2014| administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Hamidah Mita Meimurti. 2015. Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Medical Check Up. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 4, Nomor 3, Maret 2015.
Hariwijaya, M. 2008. Metodologi Dan Teknik Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi.
Imam Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit
Universitas Diponegoro, Semarang.
Jonathan Sarwono. 2012. Path Analysis dengan SPSS. Jakarta: Penerbit PT Elex Media
Komputindo.
Kadek Ayuk Riska Oktavenia dan Gusti Agung Ketut Sri Ardani (2019) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 8, No. 3, 2019: 1374 –
ISSN 2302-8912 DOI: ttps://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v8.i3.p81374
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1.
Jakarta: Erlangga.
Kevin Lane Keller. 2009. Alih Bahasa : Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran. Edisi
Keduabelas. Jilid 1. Cetakan Keempat. Jakarta: PT. Indeks.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa, edisi 3. Salemba Empat: Jakarta. Malhotra, K Naresh, 1999, Marketing Research Applied Orientation, third edition
PrenticeHall, Upper Saddle River, New Jersey
Mangkunegara, A.P. 2009. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi Cetakan Keempat. Bandung: PT Refika Aditama.
Martinnus Rukismono. 2011. Pengaruh Perilaku Konsumen dalam mengambil keputusan memilih jasa transportasi udara Lion Air di Surabaya. Jurnal Kewirausahaan Volume 5 Nomor 2, Desember 2011. ISSN. 1978-4724.
Meiny Umboh dan Parengkuan Tommy (2016) Pengaruh Harga Tempat Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Pasar Tradisional Airmadidi Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 16 No. 04
Mujiyana, Ingge Elissa 2013 Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online J@TI Undip, Vol VIII, No 3, September 2013
Nia Budi Puspitasari, Hery Suliantoro, Verra Erlianna (2011), Analisis Faktor Produk Layanan Seluler Dengan Mempertimbangkan Aspek 7p’s Of Marketing (Studi Kasus : Pt. Telkom Area Blora) J@TI Undip, Vol VI, No 2, Mei 2011
Nugroho J. Setiadi. 2010. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan
Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Pricilia Adji dan Dr. Hartono Subagio, S.E., M.M. , (2013). Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Uk Petra Di Circle K Siwalankerto Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1, No. 2, (2013) 1-10
Rambat, dan A. Hamdani. 2012. Manajemen Pemasaran Jasa, edisi 2. Salemba Empat: Jakarta
Shofa Nur Masruroh. 2014. Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Penggunaan
Jasa Pada Kereta Api Argo Muria PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi IV Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Volume 3, Nomor 4, Tahun 2014.
Sofyan. 2003. Customer Service yang Baik Landasan Pencapaian customer Satisfaction.
Manajemen Usahawan Indonesia. Nomor 01 Tahun XXXII Januari Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi. Revisi).
Jakarta : Rineka Cipta.
Sujoko. 2007. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemakaian Jasa Warnet Di Kota
Jember. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2, No. 1, April 2007: 9-20. Swastha, Basu, Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern (edisi 2). Yogyakarta: Liberty. Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran, edisi 4. CV Andi Offset: Yogyakarta
------, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, edisi 3. CV Andi Offset: Yogyakarta.
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran
Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor.
Wiwik Retnaningsih (2009) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian
Konsumen pada PasarTradisional di Malang Jurnal Bisnis dan Manajemen 85-92
Vol. 2, No. 1
Yusdiana. 2008. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Memilih Jasa Pengiriman Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Medan. Skripsi dipublikasikan Universitas Sumatera Utara Medan.