PEMBELAJARAN DARING DAN PENGARUHNYA PADA KINERJA GURU MADRAH IBTIDAIYAH (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan)
DOI:
https://doi.org/10.56444/psgj.v3i1.631Keywords:
pembelajaran, daring, pandemic covid 19, pelayanan, administrasi, kinerja, guruAbstract
Tujuan penelitian ini menganalilis pengaruh pelayanan administrasi, pembelajaran daring terhadap kinerja guru MI di Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan. Tipe penelitian ini adalah tipe penelitian eksplanatori yaitu berguna untuk menjelaskan sebab akibat variabel yang melatar belakangi suatu keadaan sosial tertentu dan menilai pengaruh antara variabel satu dengan variabel lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan pertama sebagian besar responden, yaitu 56% menyatakan pelayaan administrasi dilakukan dengan baik sekali, sebagaimana nilai skor kumulatif sebesar 88.91% memiliki pengertian bahwa pelayanan administrasi untuk kebutuhan para siswa, para guru dan kepala sekolah yang dilakukan sangat baik. Kedua menunjukan bahwa, sebagian besar responden, yaitu 64 % menyatakan bahwa Pembelajaran dilakukan dengan lancer, karena wilayah di setiap sekolah sudah ada fasilitas internet yang terjangkau, yang mampu menunjang pembelajaran secara online. Sebagaimana nilai skor kumulatif sebesar 85.33 % memiliki pengertian bahwa pembelajaran daring yang dilakukan sudah bagus, terutama dalam hal proses belajar mengajar melalui PC, laptop, dan smartphone. Ketiga menunjukan bahwa sebagian besar responden, yaitu 64% menyatakan selalu dapat menyelesaikan jumlah pekerjaan sesuai dengan standar Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah. Kinerja Guru MI termasuk dalam bagus, terutama dalam hal mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengavaluasi siswa. Keempat menunjukan bahwa tingkat pengaruh antara variabel bebas Pelayanan Administrasi, Pembelajaran Daring dengan variabel terikat Kinerja Guru sebesar 0,932, bermakna tingkat pengaruh tersebut masuk kategori sangat kuat.
References
Abdullah, M Ma’ruf. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Aida Fitri Yati, 2009, Pengaruh Kinerja Guru Agama Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
Anggun Rahmawati, C Indah Nartani, 2018, Kompetensi Sosial Guru Dalam Berkomunikasi Secara Efektif Dengan Siswa Melalui Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD Rejowinangun 3 Kota Gede, Yogyakarta, Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa..
A. Kurniawati, dkk. 2013. Implementasi Metode Penugasan Analisis Video pada Materi Perkembangan Kognitif, Sosial dan Moral. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Volume 2, Nomor 2.
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya, Bandung
Dini Faizah, Padi Utomo & M Arifin, 2018, Analisis Pertanyaan Guru Dan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu, FKIP Universitas Bengkulu.
Edi Santoso, 2009, Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa, Universitas Sebelas Maret Surakarta
Fitria Ty, Johan Eryanto, 2015, Peran UPTD Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Kecamatan Singkut, Unja, Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 4(3), 152 - 158. diakses 15 November 2021 https://doi.org/10.22437/jmk.v4i3.3144
Henry Aditia Rigianti, 2020, Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Universitas PGRI, Yogyakarta. Indonesia Kertati, I. 2021. Female family-head resilience in building family food security in new normal adaptation of covid-19 pandemic. WSEAS Transactions on Environment
and Development ; 17:810-818, 2021. https://wseas.com/journals/ead/2021.php Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Remaja Rosdakarya, Bandung
Rohmat Mulyana dan Abdullah Faqih, MA, M.Ed (2012) dalam jurnalnya Standar Dokumentasi Madrasah, diakses tanggal
November 2021 melalui https://www.scribd.com/document/430173322/sop-madrasah-2012-doc
Mangkunegara. Anwar Prabu 2015. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan kedua belas. Remaja Rosdakarya:Bandung
Nadifah, Ummu. 2018. Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugas Dalam Meningkatkan Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas IIIA MIN Klangenserut Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, Volume 5, Nomor 2.
Nawawi. Widodo, Suparno Eko. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pustaka Pelajar : Yogyakkarta
Lasapa, Nurmin, Achmad Ramadhan dkk. 2017. Meningkatkan Pemahaman Konsep Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Sidole. Jurnal Kreatif Online, Volume 05, Nomor 02.
Tri Lestari Hadiati dkk, 2020, Aplikasi (Si D’nok), Peran Pemerintah Dan Tingkat Kepuasan Masyarakat, Elektronik Public Service and Governance Journal (PSGJ) Vol 02 No 02, FISIP UNTAG Semarang.
Yosep Dwi Kristanto, 2020, COVID-19, Merdeka Belajar, Dan Pembelajaran Jarak Jauh. Universitas Negeri Medan,
Undang-undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Surat Keputusan Bersama NOMOR 01/KB/2020, NOMOR 516/ TAHUN 2020, NOMOR HK.3,01/Menkes/363/2020, NOMOR 440-882/ TAHUN 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemic Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) dan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor 285.1 Tahun 2020 tentang Upaya Pencegahan Virus Covid-19.
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Virus Corona
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 3 tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan pada 9 Maret 2020;
Surat Edaran Menteri Kesehatan No HK.02.01/MENKES/199/2020 pada 12 Maret 2020. Website: https://www.scribd.com/document/430173322/sop-madrasah-2012-doc https://doi.org/10.22437/jmk.v4i3.3144