REFORMASI BIROKRASI DAN PELAYANAN PUBLIK

Authors

  • Agusta Ari Wibowo Untag Semarang
  • Indra Kertati Untag Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56444/psgj.v3i1.628

Keywords:

Relevansi, reformasi, birokrasi, administrasi, pelayanan publik.

Abstract

Tujuan artikel ini adalah untuk menganalisis relevansi reformasi birokasi dalam penyelenggaraan pelayanan public. Ruang lingkup administrasi publik termasuk semua ranah dan aktivitas pada yurisdiksi kebijakan publik. Administrasi publik yang makin berkembang sejak masa reformasi ditandai oleh perubahan pola pikir dari pola pikir sentralisasi menjadi pelibatan swasta dan kelompok masyarakat dalam pembangunan. Administrasi publik sangat berpengaruh pada tingkat implementasi kebijakan karena administrasi publik berguna untuk mencapai tujuan program yang telah ditentukan oleh pembuat kebijakan publik. Pencapaian penyelenggaraan administrasi publik yang berkualitas, ditandai dengan reformasi birokrasi. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah penggunakan data sekunder. Beberapa sumber Pustaka dan teori menjadi pusat perhatian penting dalam analisis data sekunder. Hasil studi literatur, ditemukan bahwa salah satu ranah penting dalam administrasi publik adalah pelayanan publik. Meskipun belum sepenuhnya tercapai, namun kualitas elayanan public menjadi inti dalam penyelenggaraan tata Kelola pemerintahan yang baik. Reformasi birokrasi menjadi jalan terbaik untuk memperbaiki kualitas pelaynan public.

References

Abbas, F., & Sadat, A. (2020). Model Pelayanan Publik Terhadap Reformasi Birokrasi. JSIP: Jurnal Studi Ilmu Pemerintahan, Volume 1,(1), 1689–1699.

Allen, M. (2017). Secondary Data. In The SAGE Encyclopedia of Communication Research Methods. SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781483381411.n557

Andrews, L. (2012). Classic Grounded Theory to Analyze Secondary Data : Reality and Reflections. The Grounded Theory Review, 11(1).

Daraba, H. D. (2019). Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik. Leisyah.

Hardiyansyah. (2017). Manajemen Pelayanan dan Pengembangan Organisasi Publik Dalam Perspektif Riset Ilmu Administrasi Publik Kontemporer. Gava Media.

Janet V. Denhardt, R. B. D. (2007). Public Administration: The new public service serving, not steering (JANET V. DENHARDT AND ROBERT B. DENHARDT, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Printed in the United States of America.

Kasim, M. (1994). Analisis Kebijakan Negara. Erlangga.

Namlis, A. (2015). REFORMASI BIROKRASI SUATU USAHA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK. Humanus, XIV(1), 49–55.

Nariyah, H. (2017). PERANAN REFORMASI BIROKRASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA ORGANISASI PADA SEKRETARIAT DAERAH KOTA CIREBON. Publika Unswaganti Cirebon, 5(1).

Prasodjo, T. (n.d.). Paradigma Humanis dalam Pelayanan Publik.

Putri, N. A. D. (2016). Dinamika Reformasi Birokrasi Indonesia. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(1), 161–191.

Shittu, A. K. (2020). Public Service and Service Delivery. In Global Encyclopedia of Public Administration, Public Policy, and Governance (pp. 1–8). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-31816-5_4005-1

Sunarya, A. (2018). Reformasi Birokrasi Administrasi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Mobile Technology. Zifatama Jawara.

Susanti, G., & Rifany, R. (2020). Public Service Bureaucratic Reform: A Case Study on Coordination in One Stop Services (KPTSP) in Takalar Regency. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 9(2), 125. https://doi.org/10.31314/pjia.9.2.125-131.2020

Wicaksono, K. W. (2018). Transforming The Spirit Of New Public Service Into Public Management Reform In Indonesia. Managemen Pelayanan Publik, 2(1).

Winarno, R., & Retnowati, E. (2019). GOOD GOVERNANCE BASED PUBLIC SERVICES. Jurnal Notariil, 4(1), 8–17. https://doi.org/10.22225/jn.4.1.1155.8-17

Yusriadi. (2018). Bureaucratic Reform to the improvement of public services Challenges for Indonesia. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6(1), 15–29. http://ojs.uma.ac.id/index.php/publikau ma

Downloads

Published

2022-01-22

How to Cite

Agusta Ari Wibowo, & Indra Kertati. (2022). REFORMASI BIROKRASI DAN PELAYANAN PUBLIK. Public Service and Governance Journal, 3(1), 01–12. https://doi.org/10.56444/psgj.v3i1.628

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.