KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PERSPEKTIF MASYARAKAT PENDIDIKAN

Authors

  • Rini Werdiningsih UNTAG Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56444/psgj.v1i2.591

Keywords:

Kebijakan, Sistem Zonasi, Perspektif, Masyarakat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kebijakan sistem zonasi dalam perspektif Masyarakat Pendidikan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Perspektif yang diangkat ialah perspektif masyarakat pendidikaan, meliputi pendidik dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan perspektif masyarakat tentang zonasi meliputi; perspektif   positif   yaitu   Sistem   zonasi   memudahkan   akses   laya nan   pendidikan, memeratakan kualitas sekolah, dan perspektif negatif yaitu system zonasi akan menurunkan kualitas sekolah, serta membatasi siswa dalam memilih sekolah, sehingga sistem zonasi berdampak pada motivasi belajar siswa.

References

Amirin, T. M., Wijayanti, W. & Jabar, C.S.A. 2016. Kondisi Insani dan Material Sekolah Menengah Negeri “Pilihan Kedua” Di Kota Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan,

Andini, N. 2009. Analisis Pengaruh Persepsi terhadap Keputusan Orang Tua Murid Memilih Jasa Pendidikan di SD IT Bina Insani Semarang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Bintoro, R. F. A. (2018). Kebijakan Zonasi Sekolah Dalam Penerimaan Peserta Di Kota Samarinda.

Bunar, N. 2010 The Controlled School Market and Urban Schoolsin Sweden.

Journal Of School Choice: International Research And Reform, 4 (1), 47-73.

Cummings, W. K. 2008. Policy Options For Access and Equity in Basic Education.

Dalam William K. Cummings & James H. Williams (Eds). Policy-Making For Education Reform In Developing Countries: Policy, Options, And Strategy. USA: Rowman & Littlefield Education

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ferry, M. 2018. Manajemen Peningkatan Mutu Sekilah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Yogyakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: FIP UNY

H.A.R Tilaar, 2003, Kekuasaan Dan Pendidikan, Manajemen Pendidikan Nasional Dalam Pusaran Kekuasaan Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Insetyonoto, 2019,Kota Semarang Menggunakan Sistem Zonasi Lingkungan, https://www.gatra.com

Khoirul Syani, Mufid, & Hazin, 2018, Komunikasi dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan Wajib Belajar 9 Tahun di Kecamatan Ngadiluwih. Khazanah Pendidikan, https://doi.org/10.30595/jkp.v11i1.230

Liu, Y. 2017. The Equality of Distribution of Education Resources—The Case Of 96 Universities in The US. Open Journal Of Social Sciences

Mandic, S., Et. Al. 2017. “I Wanted To Go Here”: Adolescents’ Perspectives on School Choice. Journal of School Choice

Muhdi, & Budoyo, S. 2012. Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik (PPD) Tingkat SMA/SMK di Kota.

Nida Pangaribuan, E., & Hariyati, N. 2019. Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang SMP Di Kabupaten Gresik. Inspirasi Manajemen Pendidikan.

Nugroho, R. (2008). Public Policy. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Nepal, B. 2016. Relationship Among School’s Infrastructure Facilities, Learning Environment And Student’s Outcome. International Journal of Research in Social Science and Humanities Research.

Pasolong, H. 2013. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta

Purwanti, D., Irawati, I., & Adiwisastra, J. (2018). Efektivitas Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi Bagi Siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan.

Perdu, R. R., & Sheetz S.D. 2008. Quality System Management and Education in Service Environments. Dalam Bill Hefley & Wendy Murphy (Eds). Service Science Management and Enginering Education For 21st Century. New York: Spinger.

Raharjo, S.B. & Yuliana, L. 2016. Manajemen Sekolah untuk Mencapai Sekolah Unggul yang Menyenangkan: Studi Kasus di SMAN 1 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Rusli, B. 2015. Kebijakan Publik Membangun Pelayanan Publik yang Responsif. Bandung: CV. ADOYA Mitra Sejahtera

Safarah, A. A. & Wibowo, U. B. 2018. Program Zonasi di Sekolah Dasar sebagai Upaya Pemerataan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Lentera Pendidikan, 21 (2)

Saporito,S. 2017. Shaping Income Segregation in Schools: The Role of School

Attendance Zone Geography. American Educational Research Journal.

Shabrina Alfari, 2019, Sistem Zonasi dengan tujuan pemerataan kualitas pendidikan, https://blog.ruangguru.com

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yohanes Enggar Harususilo, 2018, 3 Tujuan Zonasi, https://edukasi.kompas.com

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Rini Werdiningsih. (2020). KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PERSPEKTIF MASYARAKAT PENDIDIKAN. Public Service and Governance Journal, 1(2), 22–40. https://doi.org/10.56444/psgj.v1i2.591

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.