REALITAS DAN SOLUSI: PEMBELAJARAN ABAD 21 (STUDI KAJIAN KEPUSTAKAAN)

Authors

  • Aziz Kurniawan Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.56444/nalar.v3i1.409

Keywords:

Realitas, Solusi, Pembelajaran Abad 21

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan realitas, ekpetasi dan solusi pada pembelajaran abad 21. Deskripsi yang diuraikan pada penelitian ini meliputi keterampilan yang diharapkan pada abad 21 yaitu 4C yang terdiri dari (Critical Thinking, Communiaction, Collaboration, Creativity). Data yang ditemukan pada lapangan berdasarkan kajian penelitian yang dilakukan peneliti lain menyebutkan bahwa belum seutuhnya keterampian 4C dikembangkan sesuai dengan harapan pada pembelajaran abad 21. Untuk dapat menjawab permasalah yang terjadi peneliti menyimpulkan yaitu 1) berpikir kritis dapat ditumbuhkan melalui pemberian instrument yang melatih siswa dalam berpikir kritis, 2) keterampilan kreativitas dapat dilatih dengan memberikan ruang gerak kepada siswa agar dapat berpikir secara bebas tanpa tekanan serta penerapan strategi pembelajaran yang inovatif, 3) keterampilan kolaborasi dan komunikasi dapat dimunculkan dengan mengembangkan media, bahan ajar, LKS atau modul yang menekankan pada kegitan diskusi siswa dengan teman sekelas, atau dengan mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Kurniawan, A. (2024). REALITAS DAN SOLUSI: PEMBELAJARAN ABAD 21 (STUDI KAJIAN KEPUSTAKAAN). NALAR: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.56444/nalar.v3i1.409