REFORMASI PELAYANAN PUBLIK DI NEGARA BERKEMBANG DAN NEGARA MAJU
DOI:
https://doi.org/10.56444/mia.v19i2.581Keywords:
Reformasi, Pelayanan Publik, PemerintahAbstract
Pelaksanaan pelayanan publik sebagai salah satu tanggung jawab pemerintah. Mereka berkewajiban melayani setiap warga negara untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya. Dimana penyediaan pelayanan publik sebagai menyelesaikan sebuah urusan baik administrasi ataupun pelayanan barang dan jasa. Kajian ini mengunakan pendekatan kualitatif, Analisis data yakni: reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Keabsahan data: derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, kepastian. Hasil kajian, Dalam pelayanan publik pemerintah Malaysia mengadopsi beberapa nilai-nilai etis ke dalam manajemen sumber daya manusia (aparat). Melalui management integrity committees, yang diwujudkan dalam The Twelve Pillars” yang meliputi: Menghargai nilai waktu; Keberhasilan karena ketekunan atau kegigihan; Senang bekerja keras; Kesederhanaan; Memiliki karakter yang baik; Kekuatan keramahan; Kekuatan contoh yang kongkrit; Kewajiban melakukan tugas; Kearifan ekonomi; Kesabaran; Perbaikan talenta; Kesenangan untuk terus menghasilkan. Vietnam merupakan negara yang cukup berkembang dalam melakukan reformasi birokrasi pelayanan khususnya pelayanan dalam hal membuka bisnis atau strating a business. Vietnam memiliki keunggulan tersendiri yaitu dari segi biaya dan prosedur. Walaupun sedikit melalui prosedur online, dibandingkan Indonesia Vietnam lebih unggul karena membutuhkan instansi yang lebih sedikit daripada Indonesia. Masyarakat Jepang telah menyadari secara menyeluruh perannya sebagai abdi negara untuk memberikan kualitas terbaik dalam pelayanannya kepada masyarakat. Ada suatu kebanggaan jika mereka bisa memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Kondisi ini, telah terjadi sejak lama dan membudaya dalam masyarakat Jepang. Pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah Jepang bukan hanya sebatas penyediaan prasarana/sarana. Pelayanan Publik dapat berjalan baik karena pemerintah yang cepat melihat dan membaca kebutuhan masyarakatnya, serta peran aktif masyarakat dalam membantu jalannya Pelayanan Publik.
References
Haning, M. T. 2018. Reformasi Birokrasi di Indonesia: Tinjauan Dari Perspektif Administrasi Publik. Analisis Kebijakan Dan Pelayanan Publik
Karmanis, 2019, Kinerja Birokrasi Dalam Pelayanan Publik, Semarang, Inti Wika
Maryam, N. S. 2016. Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, VI (1), 1–18.
Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik . Bandung: Alfabeta.
Satibi, Iwan. 2012, Manajemen Publik Dalam Perspektif Teoritik dan Empirik. Bandung: Unpas Press
Siagian, Sondang P. 2014. Filsafat Administrasi. Jakarta : Bumi Aksara
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. andung: Alfabeta.
Priansa, Donni Junni. 2018. Manajemen Organisasi Publik . Bandung: Pustaka
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik